EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Motivasi Anak Usia SD/MI Mengikuti Pengajian Majelis Taklim As Shofa di Kota Banjarmasin

Darmawan, Muhammad Firli (2023) Motivasi Anak Usia SD/MI Mengikuti Pengajian Majelis Taklim As Shofa di Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (510kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dalam menghadapi pengaruh akibat perkembangan zaman yang sangat pesat, seorang individu harus mempunyai pegangan hidup, salah satunya adalah ilmu agama dengan cara menguatkan kembali ajaran-ajaran dan Sunnah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. karena dengan beragama, seseorang dapat mengatur dan memperbaiki kehidupannya baik untuk sekarang atau di masa yang akan datang, agar hidup lebih terarah dengan baik dan benar. Inilah fungsi dari Majelis Taklim, membentuk dan mendirikan Majelis Taklim khusus bagi remaja dan anak-anak dalam membina akhlak terutama merupakan suatu jalan baik untuk masa depannya. Pendidikan non formal seperti ini diharapkan dapat membantu dan membentuk rohaniyah dan batiniyah seseorang khususnya anak-anak pada zaman sekarang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah 9 orang anak usia SD/MI yang mengikuti pengajian di Majelis Taklim As Shofa, sedangkan objek penelitian ini motivasi anak usia SD/MI mengikuti pengajian Majelis Taklim As Shofa di Kota Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi anak usia SD/MI mengikuti pengajian Majelis Taklim As Shofa adalah motivasi ingin mendengarkan ceramah agama, motivasi karena ajakan, seruan orang lain, motivasi suka maulidan dan suka mendengarkan syair. Motivasi jamaah anak usia SD/MI ini dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya adalah adanya kesadaran beragama dalam diri anak tersebut, juga adanya keinginan menambah wawasan ilmu pengetahuan agama. Kemudian faktor eksternalnya adalah fasilitas di majelis yang nyaman dan adanya ajakan dari orang tua dan teman akrab untuk menghadiri pengajian di majelis taklim As Shofa yang sebagian besar anak menghadiri pengajian tersebut karena adanya ajakan dari orang tua dan sisanya karena adanya ajakan saudara atau teman sebaya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Apr 2023 00:56
Last Modified: 06 Apr 2023 00:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22525

Actions (login required)

View Item View Item