EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas Dakwah Remaja Masjid Baiturrahim Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu

Afifah, Faridhah (2023) Aktivitas Dakwah Remaja Masjid Baiturrahim Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (944kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (909kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

, 190104020138. Aktivitas Dakwah Remaja Masjid Baiturrahim Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Pembimbing: (I) Dra. Hj Siti Rahmah, M.Ag dan (II) Anwar Fuadi, MA. Kata Kunci: Aktivitas Dakwah Remaja Masjid Baiturrahim Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim yang melaksanakan kegiatan dakwah, guna tercapainya kemakmuran masjid dan meningkatkan kemampuan remaja sebagai penerus perjuangan dakwah di masa depan. Salah satu kegiatan unggulan yakni berupa kegiatan iktikaf di Masjid. Kedudukan remaja dalam masyarakat sangat penting maka diperlukannya generasi-generasi penerus yang berkompeten dan berakhlakul karimah salah satu cara untuk terwujudnya adalah melalui Remaja Masjid. Rumusan masalah yaitu, bagaimana aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim dan apa saja faktor penunjang dan penghambat aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim dan apa saja faktor-faktor penunjang dan penghambat aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim Desa Pandansari Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) pendekatan penelitian ini berupa penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengurus dan anggota Remaja Masjid Baiturrahim. Objeknya adalah aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dalam menganalisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim meliputi 3 bentuk yaitu dengan menggunakan dakwah bil lisan, bil kitabah dan dakwah bil hal. Adapun kegiatan yang terkait dengan dakwah bil lisan adalah maulid habsyi, pengajian rutin, majelis fiqih, peringatan hari besar Islam, dan pelatihan tilawah. Dakwah bil kitabah berupa khataman al-Qur’an. Dakwah bil hal seperti gotong royong, penggalangan dana, iktikaf di masjid, dan pengkaderan. Faktor yang menjadi penunjang aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim adalah sarana dan prasarana yang memadai, adanya pendanaan dari desa, antusias masyarakat dan internal remaja. Sedangkan faktor penghambat aktivitas dakwah Remaja Masjid Baiturrahim yaitu keadaan lingkungan/ kondisi alam, pengaruh penggunaan handphone dan tidak adanya komunikasi yang terjalin antara pengurus masjid Jami Baiturrahim dengan pengurus Remaja Masjid Baiturrahim.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 14 Apr 2023 00:32
Last Modified: 14 Apr 2023 00:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22670

Actions (login required)

View Item View Item