EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Akhlak Remaja Generasi Z (Studi Kasus pada Keluarga di Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah)

Lestari, Intan Ayu (2023) Akhlak Remaja Generasi Z (Studi Kasus pada Keluarga di Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Semakin berkembangnya zaman tentu memberikan pengaruh besar terhadap akhlak remaja. Karena hal tersebutlah kemudian menimbulkan gejalagejala kemunduran moral akhlak yang mana sekarang semakin menurun dan hampir tidak terkendali. Menurunnya akhlak remaja tentu tidak semata-mata hanya karena pengaruh dari perkembangan zaman saja, tetapi juga kurangnya perhatian dan peran orang tua dalam membentuk akhlak anak juga memberikan pengaruh yang besar. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang tujuannya untuk mengetahui apa saja upaya yang sudah dilakukan orang tua dalam membentuk akhlak al-karimah pada anak remajanya dan seperti apa progress serta hasil dari adanya upaya tersebut bisa dilihat dari perubahan yang terjadi pada diri remaja tersebut.. Subjek penelitian ini yaitu perwakilan 4 orang ibu dan 1 orang ayah, 5 orang anak remaja dan 5 orang kerabat. Adapun objek penelitiannya adalah akhlak remaja generasi z di Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian diproses dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah bahwa orang tua sudah melakukan kewajibannya berupaya dalam membentuk akhlak al-karimah pada anak remajanya dengan cara memberikan keteladanan, pengajaran, pembiasaan, dan ancaman atau hukuman. Adapun hasil dari upaya tersebut ialah sebagian besar pada anak remaja tersebut sudah terlihat perubahan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Mulai bisa lebih bersikap sopan dan santun, beribadah sesuai dengan anjuran, serta berpakaian tertutup, dan hal baik lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:59
Last Modified: 14 Apr 2023 06:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22709

Actions (login required)

View Item View Item