EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas X IPS 2 di MAN 1 Barito Kuala

Jahran, Ahmad (2023) Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Siswa Kelas X IPS 2 di MAN 1 Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (882kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Latar belakang pembelajaran adalah suatu proses yang menekankan usaha-usaha yang disengaja untuk menguasai bahan pelajaran agar belajar siswa berlangsung terus menerus. Untuk mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri, pembelajaran dapat juga mengacu pada interaksi antara guru dan siswa melalui kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika pembelajaran SKI pada siswa kelas X IPS 2 di MAN 1 Batola. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengatasi problematika pembelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitan lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, berupa sumber data primer, meliputi hasil wawancara waka kurikulum madrasah, hasil wawancara guru SKI, dan hasil wawancara siswa; dan sumber sekunder meliputi dokumen RPP guru SKI, profil madrasah dan foto-foto kegiatan pembelajaran. Adapun metode yang digunakan selama penelitian adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran SKI di MAN 1 Batola menggunakan metode ceramah, meresum, membuat kata kunci, menghafal, siswa menjelaskan, tanya jawab, latihan soal, penayangan video dan diskusi. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan strategi belajar menyesuaikan kondisi siswa. Problematika pembelajaran SKI meliputi: masa beradabtasi dengan sekolah baru (khusus kelas X), menghafalkan materi banyak, terlambat mencatat, mengingat nama daerah, tahun dan tanggal peristiwa sejarah, serta motivasi membaca siswa rendah. Untuk mengatasi problematika tersebut, guru melakukan: variasi metode pembelajaran, merangkumkan materi, membuat kata kunci, mengadakan latihan soal setiap akhir pembelajaran dan memotivasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 08 May 2023 01:04
Last Modified: 08 May 2023 01:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/22952

Actions (login required)

View Item View Item