EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Kebahagiaan: Studi Komparatif Pemikiran Al-Ghazali dan Marcus Aurelius

Latif, M. Abdul (2023) Konsep Kebahagiaan: Studi Komparatif Pemikiran Al-Ghazali dan Marcus Aurelius. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (937kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (377kB)

ABSTRAK

Kebahagiaan adalah perkara yang diinginkan oleh setiap manusia, di tengah gempuran peradaban yang semakin maju serta diiringi oleh perkembangan media sosial membuat gampang sekali membandingkan pencapaian hidup antara satu dengan yang lainnya sehingga menimbulkan stres yang berkepanjangan. Terlebih- lebih jika dibebankan dengan permasalahan di tempat kerja yang turut berperan dalam menambah tingkat stres seseorang di dalam berkehidupan sehari-harinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep kebahagiaan menurut al-Ghazali, seorang filsuf dan pemikir muslim abad ke-5, dan Marcus Aurelius, seorang kaisar Romawi dan filsuf stoik. Penelitian ini mengekplorasi pandangan keduanya tentang kebahagiaan dan bagaimana pandangan tersebut memiliki kesamaan dan perbedaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data-data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari sumber utama yaitu buku karangan al-Ghazali dengan Kimiyâ’ al-sa’âdah dan Marcus Aurelius dengan Meditations. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kebahagiaan bagi keduanya adalah hasil dari ketenangan ruhani bagi al-Ghazali dan ketentraman batin bagi Marcus Aurelius. Selain itu, konsep kebahagiaan dari al-Ghazali dan Marcus Aurelius ini dapat membantu mengatasi stres. al-Ghazali dan Marcus Aurelius memiliki kesamaan di dalam mengkonsepkan kebahagiaan, Keduanya menekankan menjaga keseimbangan emosional dengan menerima dan memahami terhadap kondisi saat ini dan hidup dengan moralitas yang baik. Namun, meskipun pandangan keduanya serupa, cara mereka mencapai kebahagiaan berbeda. al-Ghazali lebih menekankan pentingnya spiritualitas dan ketaqwaan kepada Tuhan dalam mencapai kebahagiaan, sementara Marcus Aurelius lebih mengedepankan pada filosofi hidup yang berfokus pada diri sendiri dan pengendalian diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 15 May 2023 01:19
Last Modified: 15 May 2023 01:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item View Item