EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perceraian Akibat Perkawinan Poligami (Studi Kasus di Desa Anjir Muara Kota Tengah)

Hariadi, Muhammad (2023) Perceraian Akibat Perkawinan Poligami (Studi Kasus di Desa Anjir Muara Kota Tengah). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (453kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (678kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya perceraian yang diakibatkan adanya perkawinan poligami yang dilakukan suami secara diam-diam, tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada istri untuk melakukan poligami. Penelitian ini membahas tentang praktik, dampak serta solusi untuk mengatasi dampak perceraian akibat perkawinan poligami di Desa Anjir Muara Kota Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realitas poligami yang terjadi, bagaimana dampak buruk yang diakibatkan oleh praktik tersebut dan bagaimana solusi yang sampaikan oleh tokoh masyarakat demi menanggulangi masalah yang terjadi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan deskriftif kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis keadaan saat ini, fenomena, peristiwa aktivitas sosial, sikap, kepercayaan persepsi serta pemikiran orang-orang yang menjadi subjek peneliti ini tentang pokok makna yang menjadi objek yang diteliti. Penelitian dilakukan di Desa Anjir Muara Kota Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah 3 orang istri yang mengalami perceraian akibat perkawinan poligami, 3 orang anak dari istri yang mengalami perceraian akibat perkawinan poligami serta tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari tokoh agama, penghulu kampung dan kepala desa. Hasil dari penelitian perceraian akibat perkawinan poligami yang terjadi pada 3 kasus di Desa Anjir Muara Kota Tengah yaitu mengenai praktiknya pada kasus 1 melakukan praktik perceraian dilakukan dengan cara melakukan penyerahan pihak istri yang dilakukan suami kepada keluarga pihak istri, sedangkan pada kasus 2 dan 3 pada praktiknya dilakukan secara hukum yaitu melalui jalur Pengadilan Agama. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pada kasus 1 adanya ketidakpahaman dan kebutaan akan hukum sehingga mengatakan bahwa melakukan perceraian secara legal itu sulit. Dampak yang dialami oleh istri dan anak setelah mengalami perceraian diantaranya sulitnya akan perekonomian, tekanan batin, dan mengalami putus sekolah. Adapun solusi yang didapatkan dari tokoh-tokoh masyarakat yaitu istri diharuskan untuk menghubungi suami mengenai tanggungan biaya hidup anak, mempriotitaskan kepada istri dan anak yang mengalami perceraian yang berhak untuk mendapatkan bantuan yang ada di daerah setempat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 26 May 2023 07:59
Last Modified: 26 May 2023 07:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23069

Actions (login required)

View Item View Item