EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Internalisasi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah Melalui Kegiatan Rukun Kematian di Desa Paul Kabupaten Tapin

Sa’adah, Noorhaliza (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiyah Melalui Kegiatan Rukun Kematian di Desa Paul Kabupaten Tapin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (661kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Ukhuwah Islamiyah merupakan hubungan sesama Muslim tanpa membedakan suku bangsa mulai dari hubungan keluarga, masyarakat sampai hubungan antar bangsa. Mengikat tali persaudaraan merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan sangat penting. Ukhuwah Islamiyah dapat ditanamkan di lingkungan masyarakat melalui berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya bisa melalui dari kegiatan Rukun Kematian. Oleh dari itu penelitian ini mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui kegiatan Rukun Kematian di Desa Paul Kabupaten Tapin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kegiatankegiatan Rukun Kematian, bentuk-bentuk Ukhuwah Islamiyah pada kegiatan Rukun Kematian sekaligus mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui kegiatan Rukun Kematian di Desa Paul Kabupaten Tapin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian menggunakan data yang didapatkan berdasarkan keterangan, berupa wawancara atau data yang didapat secara tertulis, observasi berdasarkan kejadian, dan dokumentasi. Adapun analisa data dan teknik yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa kegiatan-kegiatan Rukun Kematian, terdiri dari kegiatan pengurusan jenazah (memandikan, mengkafani, menshalatkan dan memakamkan), bertakziyah, tahlilan dan penggalangan dana. Dari kegiatan tersebut maka terjalinlah bentuk Ukhuwah Islamiyah seperti adanya sikap tolong menolong, toleransi, silaturrahmi dan kewajiban terhadap sesama Muslim, sikap tersebut mengandung nilai kekeluargaan, kebersamaan, solidaritas dan gotong royong. Kemudian, proses internalisasi nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah melalui kegiatan Rukun Kematian ini dilaksanakan melalui pemahaman yang di sampaikan dalam kegiatan keagamaan, masyarakat ikut merasakan duka yang di alami setiap mendengarkan kabar ada jiwa yang meninggal, kemudian masyarakat segera melakukan takziyah dan menyiapkan rangkaian kegiatan pengurusan jenazah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Jul 2023 00:33
Last Modified: 11 Jul 2023 00:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/23557

Actions (login required)

View Item View Item