EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Calon Kepala Desa dalam Memenangkan Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus di Desa Tanjung Samalantakan)

Ardiansyah, Ardiansyah (2023) Strategi Calon Kepala Desa dalam Memenangkan Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus di Desa Tanjung Samalantakan). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (25kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (829kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (963kB)

ABSTRAK

Politik diartikan sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat secara sadar untuk berpartisipasi dalam mengambil kepetusan kolektif dan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya. Seperti pemilihan kepala desa merupakan salah satu pesta demokrasi, yang mana masyarakat desa dapat berpartisipasi dengan memberikan suara untuk memilih calon kepala desa yang bertanggung jawab dan dapat mengembangkan desa tersebut. Oleh karena itu, pemilihan kepala desa sangat penting, karena sangat mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa.Tujuan dari penelitian ini penulis adalah meneliti,1)Untuk mengetahui strategi dalam pemilihan calon kepala desa di Tanjung Samalantakan.2)Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap kinerja kepala desa terpilih di Desa Tanjung Samalantakan. Jenis penelitian ini ialah penelitian hukum empiris, dengan meneliti langsung ke lapangan dengan melakukan observasi maupun wawancara. Sifat penelitian ini adalah deskriftip kualitatif artinya data yang dikumpulkan berupa naskah wawancara yang ditujukan untuk menggambarkan seputar permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan juga dokumentasi untuk mendapatkan data langsung di lapangan terkait strategi calon kepala desa dalam memenangkan pemilihan kepala desa studi kasus di Desa Tanjung Samalantakan. Hasil penelitian atas strategi yang digunakan calon kepala desa dan tim suksesnya sangat jitu untuk kemenangannya. Hal ini karena cara strateginya terfokus kepada warga yang berada diluar daerah untuk menambah suara, dan tim suksesnya juga memfokusan diri kepada anak muda dengan iming-iming seperti perlombaan olahraga yang sangat digemari anak muda, ini dilakukan agar memudahkan untuk menang dalam pemilihan kepala desa. Persepsi masyarakat terhadap kinerja kepala desa Tanjung Samalantakan. Beberapa masyarakat menyukainya karena sukarela membantu masyarakatnya yang membutuhkan bantuan, seperti menyiapkan alat transportasi pribadinya untuk digunakan oleh masyarakat ber-obat ketika masyarakatnya harus dirujuk keluar Kota. Adapun ketidaksukaan dimata masyarakatnya karena setelah terpilih menjadi Kepala Desa Tanjung Samalantakan seolah-olah masyarakat menyesal dan berpikir kembali atas pilihannya sendiri, karena sikapnya yang tempramental dan suka hiburan sampai larut malam, dan ini sangat merugikan masyarakat karena mengganggu waktu istirahat masyarakatnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:46
Last Modified: 28 Jul 2023 08:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24431

Actions (login required)

View Item View Item