EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Resepsi Ayat-Ayat Al-Qur`an Sebagai Media Perlindungan Diri di Kalangan Selebgram Banjar

Maulidiyah, Naila Rahmah (2023) Resepsi Ayat-Ayat Al-Qur`an Sebagai Media Perlindungan Diri di Kalangan Selebgram Banjar. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1. pernyataan.pdf

Download (282kB)
[img] Text
2. awal.pdf

Download (982kB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text
4. bab 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5. bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
bab iii.pdf

Download (260kB)
[img] Text
7. bab iv.pdf

Download (740kB)
[img] Text
8. bab v.pdf

Download (144kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (174kB)
[img] Text
10. lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang digunakan oleh selebgram Banjar sebagai media perlindungan diri. Pemilihan selebgram sebagai subjek dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya interaksi yang terjadi di dunia nyata dan dunia maya. Sehingga perlu adanya proteksi ganda yang harus dilakukan untuk perlindungan diri dari berbagai gangguan yang mungkin terjadi. Media yang digunakan sebagai perlindungan diri adalah ayat-ayat Al-Qur’an. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para selebgram Banjar meresepsi ayat-ayat Al-Qur’an sebagai media perlindungan diri dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah selebgram Banjar, dimana penulis melakukan observasi di media sosial instagram dengan kriteria, yaitu merupakan selebgram asli orang Banjar yang tinggal di tanah Kalimantan; selebgram mikro dengan jumlah pengikut antara 1000 sampai >100.000; memiliki pengaruh terhadap followers. Setelah observasi di media sosial instagram, didapatkan lima selebgram Banjar yang dipilih secara purposive sampling, data selanjutnya dikumpulkan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) bentuk resepsi yang digunakan selebgram Banjar adalah resepsi fungsional dan resepsi estetis. Hal ini dapat dilihat dari praktik penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an yang menjadi amalan dan dzikir serta ayat-ayat yang digunakan sebagai pajangan di dinding rumah. 2) tujuan penggunaan ayat-ayat Al-Qur’an utamanya sebagai media perlindungan diri, yaitu perlindungan diri dan keamanan, perlindungan diri dari makhluk ghaib, konflik batiniah, siksa setelah kematian, penyakit ain, dari rasa sakit, serta dari hujan. 3) ayat-ayat yang digunakan sebagai media perlindungan diri adalah ayat kursi, surah al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, al-Lahab, al-Mulk, al-An’am ayat 103, al-Qadr, Al-Baqarah ayat 201, dan kalimat māsyā Allah. Penggunaan ayat-ayat tersebut berasal dari ilmu turunan yang diajarkan oleh orang tua dan guru, yang disampaikan di majelis taklim, berasal dari ijazah, dan pemahaman mereka sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 31 Jul 2023 05:14
Last Modified: 31 Jul 2023 05:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24454

Actions (login required)

View Item View Item