EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kepedulian Masyarakat Terhadap Al-Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmsin

Maulani, Muhammad Yassir (2022) Kepedulian Masyarakat Terhadap Al-Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmsin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
pernyataan - muhammad yassir maulani.pdf

Download (86kB)
[img] Text
AWAL upload perbaikan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK UPLOAD.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I upload.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III upload.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB IV upload.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V upload.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Daftar Pustaka upload.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Lampiran upload.pdf

Download (78kB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas mengenai kepedulian masyarakat terhadap Al-Qur’an di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Latar belakang penelitian ini adalah karena kereligiusan masyarakat, banyaknya lembaga pengkajian Al-Qur’an, serta tata letak kota Banjarmasin yang berada di pusat kota, membuat peneliti menjadi penasaran dengan respons masyarakatnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah seberapa besar kepedulian masyarakat di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan terhadap Al-Qur’an. baik dari segi kemampuan membaca, upaya untuk memahami isi kandungannya, dan upaya untuk mengajak anggota keluarga agar bisa membaca dan memahami Al-Qur’an. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research), dengan lokasi di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan deskriftif kualitatif, metode dalam pengumpulan data di lapangan yaitu, Pertama Observasi yaitu penulis terjun langsung ke lapangan, meneliti dan mengamati masyarakat. Kedua Wawancara yakni penulis melakukan wawancara terhadap beberapa masyarakat, Ketiga Dokumentasi. Setelah semua terkumpul barulah penulis melakukan analisis data dari hasil wawancara. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat terhadap AlQur’an di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin tergolong baik, pertama dari sisi kepemilikan mushaf dari 8 orang responden 2 orang memiliki mushaf yang lebih banyak dari jumlah anggota keluarga. Kedua sisi kemampuan membaca Al-Qur’an dari 8 orang responden ada 5 orang sudah bisa dan lancar membaca Al-Qur’an, 2 orang bisa namun kurang lancar, dan 1 orang lainnya bisa namun tidak lancar. Ketiga dari upaya memahami Al-Qur’an dari 8 orang responden ada 2 orang yang sudah faham dengan ayat-ayat yang dibaca, 6 orang menyatakan tidak faham dengan ayat yang dibaca namun ada usaha untuk mempelajarinya baik dengan membuka terjemah, melalui majelis taklim, ataupun belajar melalui media sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:29
Last Modified: 22 Aug 2023 06:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24884

Actions (login required)

View Item View Item