EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kewarisan Pelimpahan Nomor Porsi Haji Bagi Jemaah Haji yang Meninggal Dunia (Studi Kasus di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimanan Selatan)

Amalia, Norwahdah Rezky (2023) Kewarisan Pelimpahan Nomor Porsi Haji Bagi Jemaah Haji yang Meninggal Dunia (Studi Kasus di Kabupaten Tapin Provinsi Kalimanan Selatan). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang pelaksanaannya memerlukan kemampuan, baik fisik, finansial dan pengetahuan. Penyelenggaraan ibadah haji di Indonesia difasilitasi oleh pemerintah melalui Kementerian Agama. Untuk itu, seseorang yang ingin berangkat haji harus mendaftar sebagai jemaah haji reguler dengan menyetorkan sejumlah uang dan menunggu sesuai dengan nomor porsi haji yang didapatkan ketika mendaftar. Seiring berjalnnya waktu, tidak dipungkiri terdapat berbagai permasalahan, salah satunya meninggalnya jemaah haji sebelum keberangkatan dirinya ke tanah suci. Berdasarkan UU Penyelenggaraan Haji dan Umrah, tabungan BPIH sebesar Rp25.000.000,00 berserta nomor porsi tersebut dapat dilimpahkan kepada salah satu ahli waris. Permasalahan dapat terjadi saat penentuan penerima pelimpahan nomor porsi tersebut karena salah seorang ahli waris yang akan menerima. Oleh karenannya, penelitian ini bertujuan mengkaji proses penentuan ahli waris penerima pelimpahan nomor porsi haji bagi jemaah haji yang meninggal dunia dan problematika kewarisan pelimpahan nomor porsi haji bagi jemaah haji yang meninggal. Jenis Penelitian ini adalah hukum empiris dengan pendekatan Sosiologi Hukum dan Antropologi Hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian tesis ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini terdapat dua cara yang digunakan dalam penentuan pelimpahan nomor porsi haji di Kabupaten Tapin, yakni melalui musyawarah dan wasiat. Musyawarah yang dilakukan adalah dengan mengemukakan beberapa pertimbangan yang kemudian diambil kesepakatan bersama dalam penentuan penerima pelimpahan nomor porsi tersebut. Proses musyawarah ini juga didukung oleh pihak ketiga selaku tokoh agama yang memberikan beberapa pendapat seputar kewarisan. Sedangkan penentuan melalui wasiat ditemukan wasiat kepada bukan ahli waris dan ahli waris. Wasiat kepada bukan ahli waris memang diperkenankan oleh hukum syara’. Akan tetapi, wasiat kepada ahli waris terdapat hadis yang melarang wasiat kepada ahli waris, kecuali terdapat persetujuan dari para ahli waris lainnya. Pelimpahan nomor porsi haji di Kabupaten Tapin juga memiliki beberapa problematika, diantaranya berkenaan dengan perolehan harta yag digunakan untuk mendaftar sebagai jemaah haji, terdapat ahli waris yang melepaskan haknya, penerima pelimpahan nomor porsi bukan merupakan penerima pelimpahan nomor porsi haji dan pelaksanaan badal haji oleh penerima pelimpahan nomor porsi haji.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:52
Last Modified: 25 Sep 2023 07:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24946

Actions (login required)

View Item View Item