EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Keadilan Sosial di Indonesia dalam Perspektif Keadilan Sosial Pemikiran Sayyid Quthb

Aisyah, Siti (2023) Konsep Keadilan Sosial di Indonesia dalam Perspektif Keadilan Sosial Pemikiran Sayyid Quthb. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (440kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Keadilan sosial yang berhubungan langsung dengan interaksi sesama makhluk hidup, yang merupakan dambaan dan cita-cita seluruh masyarakat Indonesia, hal tersebut tertuang dalam bunyi sila ke-5. Indonesia adalah negera hukum yang menjamin hak setiap Warga negara yang masih perlu dibenahi. Dalam menciptakan keadilan sosial perlunya pemahaman konsep yaitu mengenai konsep keadilan sosial di Indonesia dan dalam pemikiran sayyid quthb yang peneliti teliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep keadilan sosial di Indonesia, konsep keadilan sosial dalam perspektif sayyid quthb dan hubungan keduanya dengan menggunakan teori konsep keadilan pancasila yang berlaku diIndonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode Library Research (Kepustakaan) dengan jenis penelitian menggunakan penelitian studi tokoh yang meneliti pemikiran tokoh terhadap permasalahan yang dibahas dengan menggunakan pendekatan penelitian yang bersifat deskriptif analisis dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder dengan buku-buku yang berhubungan dengan bahasan perspektif sayyid quthb tentang keadilan sosial yang berlaku di indonesia yang peneliti teliti. Keadilan sosial merupakan sesuatu yang menjadi perhatian rakyat saat ini mengingat masih banyaknya permasalahan yang terjadi akibat dari ketidakadilan dalam bingkai sosial. Dalam pemikiran sayyid quthb yang berorientasi kepada al-qur`an dan sunnah dan konsep keadilan sosial di Indonesia yang menganut pada pancasila yang ke- 5 yaitu ―keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia‖. Keduanya memiliki keterhubungan untuk selalu mengedepankan perlindungan, manfaat, keserasian, dan persamaan. Oleh karena itu peran antara rakyat dan pemerintah memanglah penting, mengingat Negara Indonesia adalah Negara demokrasi. Pemerintah sebagai cara atau alat yang digunakan untuk mencapai keadilan sosial sedangkan rakyat sebagai wadah untuk menjalankan keadilan yang dilakukan bersama-sama tanpa ada pengaruh dari luar sehingga terciptanya kesejahteraan sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:00
Last Modified: 29 Sep 2023 02:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item