EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran pada MAN Kotabaru

Khalishah, Nur Amalia (2023) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran pada MAN Kotabaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (638kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Suksesnya pembelajaran didukung oleh pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah secara efektif dan efesien. Sarana dan prasarana yang baik dapat menciptakan suasana yang menyenangkan baik bagi guru maupun murid, sehingga prestasi belajar dapat meningkat. MAN Kotabaru merupakan satu-satunya Madrasah Aliyah Negeri yang ada di Kotabaru dan mempunyai siswa yang banyak. Tetapi, manajemen sarana dan prasarana kurang tepat dilihat dengan adanya ruang laboratorium yang dijadikan sebagai kelas. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian yang berkaitan dengan manajemen sarana dan prasarana dan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses manajemen sarana dan prasarana yang meliputi proses perencanaan, pengadaan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan, dan penghapusan sarana dan prasarana pada MAN Kotabaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriftif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang sarana dan prasarana, dan staf tatausaha pada MAN Kotabaru. Adapun untuk objek penelitian yaitu Manajemen Sarana dan Prasarana pada MAN Kotabaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sarana dan prasarana pada MAN Kotabaru setiap tahunnya selalu berbenah dan mengadakan rapat untuk mempertimbangkan semua perencanaan seperti perencanaan pembangunan ruang kelas baru yang membutuhkan waktu yang lama karena untuk pembangunan harus sesuai dengan anggaran yang tersedia dan harus memiliki surat ijin pembangunan terlebih dahulu. Pengadaan dan penyaluran menyesuaikan dengan daftar perencanaan sarana dan prasarana yang telah disusun. Inventarisasi sudah tercatat dengan rapi dan wajib dilakukan agar mengetahui jumlah bangunan dan penunjang pendidikan. Pemeliharaan sarana dan prasaran pada MAN Kotabaru tidak memiliki jangka waktu, pemeliharaan bisa dilakukan dengan menyesuaikan kondisi sarana dan prasarana. Penyimpanan sarana dan prasarana masih belum mempunyai Gudang khusus untuk penyimpanan sarana dan prasarana. Sedangkan penghapusan belum dilaksanakan oleh pihak madrasah karena bagaimanapun kondisinya jika masih bisa diperbaiki dan didaur ulang maka tetap digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Oct 2023 06:05
Last Modified: 17 Oct 2023 06:05
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25034

Actions (login required)

View Item View Item