EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Penyuluh Agama dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur

Rahmatiah, Laili (2021) Peran Penyuluh Agama dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (554kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (778kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (50kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang Peran Penyuluh Agama Dalam Pembinaan Keagamaan Masyarakat Di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara. Adanya penyuluh agama dalam pembinaan keagamaan sangat penting bagi masyarakat di Desa Benangin. Dengan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat di Desa Benangin saat ini, masih banyak masyarakat yang lalai menjalankan perintah agama dan gemar melaksanakan apa yang di larang oleh agama. Apalagi ketika ada perkawinan yang dilaksanakan oleh masyarakat non muslim, tuan rumah berkewajiban menyediakan minuman keras (arak dan tuak) kepada para tamu, khususnya bagi tamu laki-laki. Apalagi ketika ada perkawinan yang dilaksanakan oleh masyarakat non muslim, tuan rumah berkewajiban menyediakan minuman keras (arak dan tuak) kepada para tamu, khususnya bagi tamu laki-laki. Sehingga membuat pemuda muslim sedikit banyaknya terpengaruh oleh adat tersebut. Untuk membahas hal tersebut, di kemukakan beberapa rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana realitas keagamaan masyarakat di Desa Benangin Kecamatan Teweh? (2) Apa saja program yang di lakukan penyuluh agama dalam pembinaan keagamaan masyarakat di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur? (3) Bagaimana penyuluh agama melaksanakan pembinaan keagamaan pada masyarakat di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif karena pokok yang akan di teliti adalah manusia sebagai objek yang sifatnya heterogen dan abstrak. Ukuran data kualitatif adalah logika dalam menerima dan menolak sesuatu yang dinyatakan berupa kalimat, yang di rumuskan setelah mempelajari sesuatu secara cermat. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi dan pendekatan agama, selain itu teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dengan mengadakan pengamatan secara lansung pada wilayah dan obyek yang akan di teliti secara lansung dan wawancara dengan mengajukan beberapa pertanyaan secara mendalam kepada informan untuk mendapatkan data atau informasi yang di butuhkan. Adapun upaya-upaya yang di lakukan dalam pembinaan keagamaan masyarakat adalah dengan memberikan penyuluhan sebagai wujud pembinaan keagamaan masyarakat di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:32
Last Modified: 05 Dec 2023 06:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item