EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tahsin Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin (Studi Analisis Penerapan Metode Wafa dan Metode Ilman Wa Ruuhan)

Rahmawati, Laili (2023) Tahsin Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin (Studi Analisis Penerapan Metode Wafa dan Metode Ilman Wa Ruuhan). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (755kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari perubahan metode membaca Al-Qur’an yang digunakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin yang semula menggunakan metode Wafa dirubah menjadi metode Ilman Wa Ruuhan. Pergantian ini tidak serta merta menggantikan metode yang digunakan sebelumnya, melainkan masih bertahap. Fokus permasalahan dalam penelitian ini mengkaji tentang metode Wafa dan metode Ilman Wa Ruuhan yang digunakan dalam program tahsin Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin, serta apa saja kelebihan dan kelemahan dari kedua metode tersebut dan bagaimana cara penerapan metode Wafa dan metode Ilman Wa Ruuhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, metode test dan rekaman. Adapun objek penelitian ini adalah bacaan tahsin Al-Qur’an siswa yang mengggunakan metode Wafa dan metode Ilman Wa Ruuhan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI terdiri dari tiga orang menggunakan metode Wafa dan siswa kelas III terdiri dari tiga orang menggunakan metode Ilman Wa Ruuhan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Wafa dan metode Ilman Wa Ruuhan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing dalam pembelajaran tahsin Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Fikri Banjarmasin. Metode Wafa berfokus pada pengulangan atau pelafalan yang berulang-ulang. Sedangkan metode Ilman Wa Ruuhan lebih menekankan pada pemahaman makna ayat Al-Qur’an. Melalui analisis penerapan ini ditemukan bahwa metode Ilman Wa Ruuhan memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pelafalan ayat-ayat Al-Qur’an sedangkan metode Wafa lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan dalam memahami kandungan ayat yang dipelajari para siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Jan 2024 05:41
Last Modified: 16 Jan 2024 05:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25751

Actions (login required)

View Item View Item