EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembagian Harta Bersama Akibat Perceraian bagi Istri yang Bekerja sebagai TKW (Studi Analisis Putusan Pengadilan Agama Blitar Nomor 0119/Pdt.G/2018/PA.BL)

Febriyanti, Febriyanti (2024) Pembagian Harta Bersama Akibat Perceraian bagi Istri yang Bekerja sebagai TKW (Studi Analisis Putusan Pengadilan Agama Blitar Nomor 0119/Pdt.G/2018/PA.BL). Skripsi, Syariah.

[img] Text
keaslian tulisan Febriyanti.pdf

Download (439kB)
[img] Text
awal Febriyanti.pdf

Download (895kB)
[img] Text
Abstrak Febriyanti.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I Febriyanti.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II Febriyanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III Febriyanti.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV Febriyanti.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V Febriyanti.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Febriyanti.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran Febriyanti.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Penulisan ini dilatarbelakangi dengan adanya satu putusan Pengadilan Agama Blitar dengan Nomor 0119/Pdt.G/2018/PA.BL mengenai pembagian harta bersama, yang didalamnya Majelis Hakim menetapkan putusan dengan membagi harta bersama tersebut masing-masing mendapatkan 6/10 bagian untuk Penggugat dan 4/10 bagian untuk Tergugat. Pembagian ini tentunya bertentangan dengan peraturan yang berlaku yang membagi harta bersama masing-masing pihak mendapatkan setengah bagian. Maka dari itu, tujuan penulisan ini untuk mengetahui pertimbangan hukum Majelis Hakim dalam memutus perkara pembagian harta bersama tersebut. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu jenis penelitian hukum normatif dengan pendekatan analitis, sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa putusan Pengadilan Agama Blitar Nomor 0119/Pdt.G/2018/PA.BL, serta data sekunder yang menunjang terkait permasalahan yang diteliti yakni mengenai pembagian harta bersama. Hasil dari penelitian ini yaitu Majelis Hakim membagi harta bersama 6/10:4/10 dengan pertimbangan bahwa yang paling banyak berkontribusi dalam pengumpulan harta bersama adalah Penggugat. Putusan Majelis Hakim ini tentunya berdasarkan kepada fakta-fakta dan bukti-bukti yang ada dipersidangan. Dengan demikian, walaupun pembagian harta bersama tersebut tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, tetapi pembagiannya sudah memenuhi rasa keadilan untuk para pihak. Adil disini memberikan haknya sesuai dengan usahanya. Jadi, pembagian harta bersama tidak mesti dibagi dua sama rata antara suami istri, tetapi dilihat juga kontribusinya dalam mengumpulkan harta bersama agar pembagian harta bersama tersebut menciptakan rasa keadilan bagi para pihak.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 22 Jan 2024 03:02
Last Modified: 22 Jan 2024 03:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25874

Actions (login required)

View Item View Item