EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet di Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau

Mi’raj, Muhammad Arya (2024) Praktik Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet di Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya praktik pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet yang berada di Kelurahan Rinding yang lokasi bangunan burung walet tersebut berada di sekitar pemukiman warga. Sehingga warga sekitar bangunan burung walet tersebut terkena dampak suara bising. Permasalahan tersebut akan dikaji berdasarkan peraturan Bupati Berau Nomor 38 Tahun 2017 tentang izin pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet diluar habitat alami. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet di Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau dan dampak praktik pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet di Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Jenis penelitian ini penelitian hukum empiris yang merupakan penelitian studi lapangan, yang berlokasi di Kelurahan Rinding Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau. Subjek Penelitian ini adalah pemilik penangkaran burung walet dan warga. Adapun Objeknya adalah praktik pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet. Pengumpulan data yang akan peneliti lakukan melalui observasi, wawacancara, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan analisis kualitatif dan deskriptif, yaitu penelitian yang datanya berbentuk kata, kalimat, gambar, dan skema, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Hasil penelitian ini pemilik penangkaran burung walet di Kelurahan Rinding sudah mengelola dengan cukup baik. Ditemukan bahwa para pemilik penangkaran burung walet tidak mengetahui tentang peraturan Bupati Kabupaten Berau Nomor 38 Tahun 2017. Hal tersebut dikarenakan peraturan yang ada, tidak tersampaikan dengan maksimal kepada masyarakat. Ditemukan pula praktik penangkaran burung walet yang terjadi di Kelurahan Rinding melanggar prinsip etika bisnis islam yakni prinsip keadilan dan prinsip bertanggung jawab. Dalam hasil penelitian ini juga ditemukan ada dua dampak yakni positif dan negatif. Dampak positifnya yakni dapat meningkatkan kesejahteraan pemilik penangkaran burung walet kemudian dampak negatif yang diberikan yakni masyarakat sekitar terganggu akan kebisingan sarang burung walet.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 07 Feb 2024 02:11
Last Modified: 07 Feb 2024 02:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item