EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Jual Beli Gabah dengan Pembayaran ditangguhkan (Studi Kasus Kecamatan Rantau Badauh)

Ni’mah, Mudawamatun (2024) Praktik Jual Beli Gabah dengan Pembayaran ditangguhkan (Studi Kasus Kecamatan Rantau Badauh). Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (900kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi Jual beli sesuai dengan syariat islam harus terhindar dari yang diharamkan seperti menghindari unsur gharar atau ketidakpastian yang dapat menimbulkan kerugian antara salah satu pihak. Dalam perkembangannya jual beli selain dilakukan dengan jual beli secara tunai, juga dilakukan jual beli secara tangguh. Masyarakat Rantau Badauh yang sebagian masyarakat melakukan jual beli gabah dengan metode pembayaran ditangguhkan sedangkan yang didahulukan adalah penyerahan gabah kepada pembeli. Tetapi, harga dan waktu pembayaran tidak ditetapkan diawal perjanjian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli gabah dengan pembayaran ditangguhkan di Kecamatan Rantau Badauh dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli gabah dengan pembayaran ditangguhkan tersebut. Metode yang digunakan ialah metode penelitian hukum empiris. Jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam hal ini penulis melakukan pengumpulan data melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh pertama, praktik jual beli gabah dengan pembayaran ditangguhkan di Kecamatan Rantau Badauh terdapat 2 variasi kasus yaitu variasi kasus I yaitu dalam jual beli gabah dengan pembayaran ditangguhkan sebagian masyarakat mengalami kerugian karena pelaksanaan penetapan harga dan waktu pembayaran serta salah satu pihak tidak sesuai dengan perjanjian dalam jual beli gabah tersebut. Variasi kasus II yaitu pelaksanaan jual beli gabah dengan pembayaran ditangguhkan berjalan sesuai kesepakatan dan tidak menimbulkan kerugian. Namun, akad dalam transaksi jual beli tidak dilakukan dengan diawal, penetapan harga dan waktu pembayaran juga tidak ditetapkan di awal transaksi. Kedua, menurut tinjauan hukum islam praktik jual beli dengan pembayaran ditangguhkan sesuai dengan rukun dan syarat jual beli dalam syariat islam. namun, terhadap penetapan harga dan waktu pembayaran dalam transaksi tersebut terjadi tidak sesuai dengan kesepakatan diawal transaksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: mr Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 18 Mar 2024 05:34
Last Modified: 18 Mar 2024 05:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26254

Actions (login required)

View Item View Item