EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Tauhid dalam Komunitas Pejuang Subuh Sampit

Febriyannur, Muhammad (2024) Nilai-Nilai Tauhid dalam Komunitas Pejuang Subuh Sampit. Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (776kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Ajaran tauhid bisa diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari bahkan dalam berkomunitas ini tidak hanya untuk menambah pengalaman, teman, relasi, ilmu, mempererat tali silaturrahim, tapi juga dapat menumbuhkan bahkan menerapkan nilai-nilai tauhid didalamnya, misalkan pada kegiatan komunitas tersebut yang mana didalam kegiatannya itu mengandung unsur ibadah bahkan ibadah yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Salah satu komunitas yang dimaksud adalah komunitas “Pejuang Subuh Sampit” yang ada di kota Sampit. Komunitas ini berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki ke khasan salah satu kegiatannya yaitu membaca ratibul hadad dan juga yaasin an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berbagai kegiatan dari komunitas Pejuang Subuh Sampit dan mengungkapkan nilai-nilai tauhid yang terdapat didalam kegiatan komunitas Pejuang Subuh Sampit. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Peneliti memakai teknik dalam mengumpulkan data dengan cara observasi agar memastikan anggota dari komunitas yang akan diwawancarai dan juga langsung melihat dan ikut serta dalam kegiatan\agenda tersebut. Selanjutnya peneliti akan mewawancarai guna mendapatkan informasi yang diinginkan, anggota yang diwawancari ini pun termasuk anggota lama dan juga anggota aktif. Terakhir peneliti mengumpulkan dokumen-dokumen berupa foto, video, rekaman suara, dan lainnya sebagai penunjang dalam penelitian. Data-data yang sudah didapatkan akan dianalisis dengan teori tauhid dari beberapa tokoh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kegiatan apa saja yang terdapat didalam komunitas Pejuang Subuh Sampit dan nilai-nilai tauhid apa saja yang terdapat di dalam komunitas Pejuang Subuh Sampit. Kajian ini menemukan bahwa didalam komunitas Pejuang Subuh Sampit ini terdapat 10 bidang kegiatan, yaitu Khususan wajib peningkatan ASWAJA, Bidang penguatan amaliyah, Bidang implementasi media, Bidang olahraga dan seni budaya, Bidang infaq dan shodaqoh, Bidang amal jariyyah pengoptimalam fungsi mushola, Bidang kesehatan, Bidang ekonomi, Bidang, dan Bidang silaturrahim keluar kota. Penelitian mengenai nilai-nilai tauhid dalam komunitas Pejuang Subuh Sampit ini menghasilkan beberapa nilai ketunggalan Tuhan, yaitu pada Abu Hasan Al-Asy’ari ditemukan nilai ketunggalan pada dzat, sifat, dan perbuatan-Nya (af’al). Pada Muhammad Al-Sanusi ditemukan nilai ketunggalan pada sifat wujud, qidam, baqa, mukhalafatuhu lil hawadits, qiyamuhu binafsihi, wahdaniyyah, qudrah, ‘iradah, ‘ilm, hayah, sama’, bahsar, kalam, qadirun, viii muridun, ‘alimun, hayyun, sami’un, bashirun, dan mutakallimun. Hasil ini peneliti dapatkan setelah melakukan pengolahan dan analisis data yang sudah didapatkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.H SITI KURNIA YUSNI TAUFIK (ALM)
Date Deposited: 05 Apr 2024 07:03
Last Modified: 05 Apr 2024 07:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26414

Actions (login required)

View Item View Item