EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Corak Tafsir Fiqhî dalam Pemahaman Ustadz Mushaffa Zakir Terhadap Ayat-Ayat Ahkâm

Aulia, Rizqa (2024) Corak Tafsir Fiqhî dalam Pemahaman Ustadz Mushaffa Zakir Terhadap Ayat-Ayat Ahkâm. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (814kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (807kB)

ABSTRAK

Kehidupan manusia tidak terlepas dari aspek hukum dan sebagai umat muslim tentu rujukan utamanya adalah al-Qur’an dan hadis. Maka dari itu, pemahaman terkait ayat-ayat ahkâm khususnya sangat diperlukan. Sekarang ini untuk mendapatkan penjelasan dan pemahaman terhadap ayat al-Qur’an, salah satu caranya adalah dengan mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh tokoh agama yang ada disekitar kita. Adapun salah satu tokoh agama yang ada di Kota Banjarmasin adalah Ustadz Mushaffa Zakir, beliau tidak hanya seorang tokoh agama tetapi juga tokoh politik, tentu saja apa yang disampaikan dan dilakukan oleh beliau akan menjadi perhatian lebih serta bisa dijadikan contoh bagi masyarakat. Oleh karena itu, bagaimana pemahaman beliau dalam memahami ayat-ayat ahkâm merupakan suatu hal yang penting, karena apa yang beliau pahami, itu juga yang akan beliau sampaikan dalam berdakwah. Apalagi jika terkait dengan masalah fiqih yang biasanya identik dengan suatu aliran (mazhab), hal tersebut bisa memberikan pengaruh terhadap pemahaman masyarakat dalam memahami suatu hukum. Penelitian ini berfokus pada pemahaman Ustadz Mushaffa Zakir terhadap ayat-ayat ahkâm dan juga corak fiqhî yang cenderung beliau gunakan dalam menjelaskan ayat-ayat ahkâm tersebut. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field reseach) yang berfokus pada pemikiran tokoh. Objek dari penelitian ini adalah pemahaman Ustadz Mushaffa Zakir terhadap ayat-ayat ahkâm serta corak fiqhî yang beliau gunakan untuk menjelaskan ayat-ayat ahkâm tersebut. Dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara secara langsung dengan Ustadz Mushaffa Zakir guna memperoleh data, sehingga dapat diketahui bagaimana pemahaman beliau serta corak fiqhî yang beliau gunakan dalam memahami ayat-ayat ahkâm. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam memahami ayat-ayat ahkâm Ustadz Mushaffa Zakir menggunakan beberapa pendekatan, diantaranya adalah membandingkan antara satu pendapat ulama mazhab dengan ulama yang lainnya, menggunakan hadis dan beberapa kitab tafsir selain itu juga menjelaskan secara langsung lewat makna dari zhahir ayatnya. Adapun corak fiqhî yang cenderung beliau gunakan dalam menjelaskan ayat-ayat tersebut adalah corak fiqhî sunni yang mana lebih cenderung menjelaskan pendapatnya dari mazhab Syafi’i. Hal-hal tersebut dapat dilihat dari penjelasan-penjelasan beliau terhadap ayat-ayat ahkâm.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: mr Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 16 Apr 2024 07:26
Last Modified: 16 Apr 2024 07:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item