EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kesiapan Perpustakaan Dalam Membangun Perpustakaan Digital di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Salsabila, Muliana (2024) Kesiapan Perpustakaan Dalam Membangun Perpustakaan Digital di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
AWAL-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (769kB)

ABSTRAK

Kesiapan sangat penting untuk memulai suatu pekerjaan, karena dengan memiliki kesiapan, pekerjaan apapun akan dapat teratasi dan dapat dikerjakan dengan lancar serta memperoleh hasil yang baik. Perpustakaan tidak terlepas dari kata digital pada zaman sekarang. Hal ini dikarenakan teknologi yang masukke bidang perpustakaan mengharuskan perpustakaan bisa berkembang menyesuaikan perkembangan zaman yang semakin modern. Perpustakaan Digital merupakan perkembangan zaman yang dimanfaatkan perpustakaan untuk memberikan layanan yang berinovasi dan memberikan kemudahan dalam jarak dan waktu yang sehingga memberikan efesiensi waktu dan tempat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimanakah kesiapan perpustakaan dan kendala apa saja yang dihadapi perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dalam membangun perpustakaan digital. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif bersifat deskriptif. Penelitian ini berlokasi di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. dengan subjek Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Objek penelitian ini ialah Kesiapan Perpustakaan Dalam Membangun Perpustakaan Digital. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perpustakaan Universitas Muhammdiyah Banjarmasin melakukan persiapan dalam membangun perpustakaan digital menggunakan beberapa cara yang pertama ialah membuat perencanaan, mempersiapkan sumber daya manusia, mempersiapkan materi, infrastruktur, kebijakan, dan evaluasi. Kendala yang dihadapi pustakawan yaitu kendala website dan aplikasi untuk menggunakan perpustakaan digital tersebut, selain itu juga kurangnya sosialisasi pustakawan dalam memberikan pemberitahuan terhadap perpustakaan digital tersebut, Namun pustakawan di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sudah berusaha melalui instagram resmi perpustakaannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 25 Apr 2024 00:33
Last Modified: 25 Apr 2024 03:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item View Item