EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Agama Islam di Kota Banjarmasin

Ramadhana, Muhammad Alfin (2024) Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Agama Islam di Kota Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (375kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena dakwah dan teknologi tidak dapat di pisahkan pada zaman saat ini, dalam satu genggaman manusia bisa menciptakan informasi yang dapat di lihat oleh orang banyak, dalam dakwah pun juga bisa disebarkan ke masyarakat luas dengan cara dengan menggunakan media sosial tentu menjadi peluang besar untuk berdakwah pada zaman yang di penuhi dengan internet yang bertebar sangat luas, sehingga dakwah dapat di lakukan dimanapun dan kapanpun. Saluran komunikasi yang sungguh besar peluangnya ini harus diraih oleh para pendakwah salah satunya oleh para Penyuluh Agama Islam memberikan penyuluhan kepada khalayak luas seperti masyarakat. Dakwah kini tak lagi terbatas oleh ruang dan waktu, dapat dilaksanakan dimana dan kapan saja, namun semakin berkembangnya teknologi, ini juga menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para penyuluh Agama Islam selaku Da’i dalam menyampaikan dakwahnya, Atas dasar keingintahuan terhadap pemanfaatan media sosial oleh Penyuluh Agama Islam, penulis melakukan penelitian berjudul “Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Agama Islam di Kota Banjarmasin”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau field rearch yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung ke lokasi penelitian, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, pendekatan ini adalah proses penelitian yang dilakukan secara natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah semua penyuluh bersepakat bahwa media sosial sangat bermanfaat membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan, hanya saja memang dalam pemanfatan media sosial sebagai media dalam berdakwah masih terbilang sangat kurang. Tidak semua media sosial sebagai alat komunikasi oleh para Penyuluh Agam Islam di Kota Banjarmasin, hanya beberapa platform saja yang digunakan untuk membantu kinerja mereka dalam bekerja memberikan informasi berita kegiatan yang ada di KUA seperti Whatsapp, facebook dan instagram. Untuk penguasaan media sosial masih terbilang minim, walaupun adanya diadakan pelatihan oleh beberapa lembaga seperti Kementrian Agama dan Balai Diklat. Maka dari itu, masih sedikit para penyuluh yang berdakwah melalui postingan di media sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 05 Jul 2024 00:20
Last Modified: 05 Jul 2024 00:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27024

Actions (login required)

View Item View Item