EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Reward dan Punishment Hafalan Al-Qur’an Terhadap Motivasi Santri pada Rumah Tahfidz Az Zahra Banjarmasin

Ariani, Yulia Risna (2024) Pengaruh Reward dan Punishment Hafalan Al-Qur’an Terhadap Motivasi Santri pada Rumah Tahfidz Az Zahra Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (458kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Reward merupakan suatu bentuk pemberian pengakuan, ucapan terima kasih, penghargaan, atau hadiah sebagai respon atas prestasi atau tindakan yang dianggap baik dan benar. Punishment merupakan tindakan yang tidak menyenangkan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki otoritas lebih tinggi, seperti orang tua atau guru, sebagai respon terhadap pelanggaran dan kejahatan dengan tujuan untuk memperbaiki kesalahan anak dan bukan untuk balas dendam. Rumah Tahfiz Az Zahra Banjarmasin merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada menghafal serta mempelajari ilmu agama seperti mendalami tajwid dan makharijul huruf. Dengan adanya reward dan punishment ini, proses dan prestasi para santri sangat mempengaruhi, terutama dalam menghafal Al-Qur'an. Penggunaan reward dan punishment ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam menghafal, terutama tahfiz Al-Qur'an. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis regresi berganda, dengan teknik pengumpulan data kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu: variabel (X1) Reward,variabel (X2) Punishment, dan variabel (Y) Motivasi. Dengan jumlah populasi seluruh santri Rumah Tahfiz Az Zahra Banjarmasin sebanyak 50 orang. Dengan waktu penelitian selama 2 bulan dari bulan Februari – April 2024. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu bantuan dari aplikasi SPSS (Statistical Package For Social Sciences) versi 27. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: Pelaksanaan reward Hafalan Al-Qur’an Pada Rumah Tahfiz Az Zahra Banjarmasin berpengaruh positif terhadap motivasi sesuai dengan prinsip dan bentuk yang ada di Rumah Tahfiz Az Zahra, Punishment yang digunakan berfungsi sebagai sarana dalam menurunkan tingkat perilaku santri yang tidak diinginkan sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap motivasi santri dan pelaksanaan reward dan punishment berpengaruh positif terhadap motivasi santri pada Rumah Tahfiz Az Zahra, pengaruh X1 (Reward) dan X2 (Punishment) secara simultan terhadap Y (Motivasi) adalah 0,009 < 0,05 dan nilai F hitung 22,546 > F tabel 3,19, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh variabel X1 (Reward) dan variabel X2 (Punishment) secara simultan terhadap variabel Y (Motivasi). Pada nilai R Square sebesar 0.513 yang artinya bahwa besarnya kontribusi variabel independen yaitu X1 Reward dan X2 Punishment mempengaruhi variable Y motivasi sebesar 51,3% dan 48,7% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain di luar penelitian reward dan punishment ini. Sehingga hasil analisis menunjukkan pengaruh reward dan punishment sebesar 51,3% terhadap motivasi mengindikasikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 10 Jul 2024 01:00
Last Modified: 10 Jul 2024 06:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item View Item