EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 2 Banjarmasin

Mubarak, Muhammad Faisal Saufi (2024) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 2 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (626kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (459kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Beragam definisi mengenai pendidikan tentu ada satu komponen yang penting dalam melengkapi tujuannya, yaitu kita sebut sebagai literasi. Literasi sangat penting demi mencapai tujuan dalam lingkup pendidikan, maka dari itu upaya literasi bagi pengampu pendidikan sangat signifikan bagi kemajuan anak�anak, termasuk di Indonesia karena salah satu perintah Undang-Undang adalam tercakupnya komponen literasi. Namun demikian, faktanya negara kita masih memiliki tingkat literasi yang sangat rendah (dihitung dari berbagai lembaga riset), dan tentu saja hal ini berbalikan dengan konsep literasi yang digaungkan pada pendidikan Indonesia itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Gerakan Literasi Sekolah serta kendala yang ada pada proses pengimplementasian Gerakan Literasi Sekolah di perpustakaan SMPN 2 Banjarmasin, Adapun jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan, dan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Sementara teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses implementasi di perpustakaan SMPN 2 Banjarmasin masih belum terlaksana sesuai sebagaimana teori yang dirumuskan. Namun dibalik itu,Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 2 Banjarmasin telah mengimplementasikan beberapa hal yang sesuai seperti; Pertama, tahap pelaksanaan dengan kegiatan pembiasaan yang melibatkan kegiatan membaca rutin di pagi hari sebelum mulainya pelajaran pada pukul 07.00-08.30 pagi, memperbarui (replace) tatanan letak rak buku di perpustakaan dan memberikan reward kepada pengunjung dengan jumlah absen yang paling banyak. Kedua, tahap pembelajaran pustakawan bekerjasama dengan guru Bahasa Indonesia dengan alasan bahwa guru Bahasa Indonesia ini dirasa yang paling sesuai dengan Gerakan Literasi yaitu bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia umumnya mempunyai interaksi langsung dengan literasi bahkan terdapat materi khusus literasi di dalamnya. Sementara untuk kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah ialah kelangkaan bahan bacaan serta buku yang ada tidak sesuai dengan minat mereka dan gerakan yang belum terorganisir dengan baik serta kurangnya minat membaca di kalangan siswa-siswa SMPN 2 Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 25 Jul 2024 08:04
Last Modified: 25 Jul 2024 08:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27456

Actions (login required)

View Item View Item