EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai Dakwah Milenial dalam Film Ustad Milenial (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure)

Rahmadi, Noval (2024) Nilai Dakwah Milenial dalam Film Ustad Milenial (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (881kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (46kB)

ABSTRAK

Nilai dakwah dikenal juga dengan nilai-nilai Islam yang bersumber dari AlQur’an dan al-Hadist, nilai dakwah bukanlah suatu barang yang mati melainkan nilai dinamis yang disesuaikan dengan semangat zaman dan perkembangan ilmu pengetahuan yang ada dimasyarakat. Salah satu dakwah milenial di dalam film yaitu menggunakan media sosial oleh karena itu dengan massifnya manusia dalam memanfaatkan internet dan jejaring sosial. Maka, tentu akan sangat efektif jika jejaring sosial digunakan sebagai sarana untuk menebar kebaikan (berdakwah). Pengemasan film dakwah tidak harus hadir secara “terus terang” dengan menggunakan simbol “dakwah” atau simbol-simbol eksplisit lainnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana nilai dakwah dalam film Ustad Milenial dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dalam pengumpulan datanya melalui berbagai literatur, buku, referensi lainnya, serta hasil penelitian sebelumnya yang relevan. Metode pengumpulan data yang terkait dengan suatu permasalahan deskripsi yang tepat dan terarah dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai dakwah dalam film ustad milenial terdapat beberapa nilai dakwah diantaranya tentang Allah tidak menguji hambanya diluar kemampuannya, Kita harus yakin selama kita berdoa dan berusaha pasti akan ada jalannya, Riba dalam islam , Rasulullah melaknat penyuap, penerima suap juga diantara keduannya, Manfaat sholat bagi Kesehatan tubuh, Di balik kesulitan pasti ada kemudahan, Qodlo dan Qodhar, Berdoa merupakan manifestasi beribadah kepada Allah, Selalu bersabar, sesuatu yang disukai oleh kita belum tentu baik dimata Allah. Begitupun sebaliknya, sesuatu yang dianggap buruk belum tentu buruk di mata Allah,Penolong yang sebaik-baiknya hanyalah Allah SWT, konflik dan perbedaan. Di dalam film juga banyak terdapat nilai-nilai pendidikan Islam yang terbagi dalam beberapa kategori yakni kategori nilai aqidah, akhlak dan syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:53
Last Modified: 02 Aug 2024 00:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27617

Actions (login required)

View Item View Item