EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Adversity Quotient dalam Kisah Nabi Nuh a.s. dan Nabi Ibrahim a.s. Perspektif Pendidikan Islam

Zuhriah, Fatimah (2024) Adversity Quotient dalam Kisah Nabi Nuh a.s. dan Nabi Ibrahim a.s. Perspektif Pendidikan Islam. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (193kB)

ABSTRAK

Salah satu kecerdasan yang dimiliki manusia yaitu kecerdasan adversitas (adversity quotient), yang merupakan kecerdasan individu saat dihadapkan dengan kesulitan. Banyak fenomena dari berbagai kasus yang mana manusia belum mampu menyikapi suatu kesulitan sebagai peluang. Dalam Islam, Allah Swt. sudah memperingatkan bahwa dalam hidup pasti akan menemukan ujian dan cobaan, seperti bala’, fitnah, musibah, dan adzab. Oleh karena itu, perlu penanaman kecerdasan adversitas dari perspektif pendidikan Islam agar dapat membina psikologis pribadi muslim. Tesis ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsep adversity quotient dalam perspektif pendidikan islam; serta (2) mengetahui adversity quotient dalam kisah Nabi Nuh a.s. dan Nabi Ibrahim a.s. dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research, dengan pendekatan penelitian yang digunakan pada tesis ini ialah pendekatan kualitatif. Adapun Sumber data dalam tesis ini berasal dari dokumen-dokumen atau koleksi�koleksi buku maupun jurnal penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) konsep adversity quotient dalam pendidikan Islam adalah kemampuan seseorang dalam menghadapi suatu kesulitan, mengamati dan mengolahnya menjadi peluang yang mana dalam pendidikan Islam kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui penanaman akal dan hati, rohani dan jasmani, serta akhlak dan keterampilan yang tertuang dalam nilai pendidikan sabar, tabah, cita-cita, dan pengorbanan; dan (2) adversity quotient dalam kisah Nabi Nuh a.s. memiliki enam nilai pendidikan, yaitu nilai pendidikan sabar, optimis, pantang menyerah, tabah, berjiwa besar, serta jihad dan pengorbanan. Adapun adversity quotient dalam kisah Nabi Ibrahim a.s. memiliki delapan nilai pendidikan, yaitu nilai pendidikan tawakkal, sabar, syukur, optimis, pantang menyerah, berjiwa besar, jihad dan pengorbanan, serta istiqamah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:41
Last Modified: 27 Aug 2024 02:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27767

Actions (login required)

View Item View Item