EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Kewalian Habib Basirih Dalam Pengembangan Spiritualitas Islam di Banjarmasin

Suraji, Ahmad (2024) Peran Kewalian Habib Basirih Dalam Pengembangan Spiritualitas Islam di Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (305kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (985kB)
[img] Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (493kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kewalian Habib Basirih Banjarmasin dan untuk mengetahui peran kewalian Habib Basirih Banjarmasin dalam pengembangan spiritualitas Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian desktiptif. Subjek dalam penelitian ini ada lima orang yaitu 3 dari juriat Habib Basirih, 1 orang Jemaah Mesjid Hamid Bahasyim dan 1 orang muhibbin . Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dengan menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kewalian Habib Basirih Banjarmasin dibenarkan oleh semua responden baik dari juriatnya maupun dari tokoh masyarakat setempat yang didapat dari cerita turun temurun yang disaksikan langsung oleh juriat Habib Basirih Banjarmasin. Adapun kewalian yang terlihat dari Habib Basirih Banjarmasin yaitu Pertama, menjelang datangnya penjajah Jepang beliau (Habib Basirih, red) sudah mengisyaratkan dengan laku diri mengalungkan buah kemiri di kepala beliau, Kedua saat tentara Jepang hendak memasukan beliau (Habib Basirih) ke rumah sakit jiwa, pesawatnya jatuh saat perjalanannya ke Makkasar, Ketiga beliau sudah jauh-jauh hari meramalkan kejatuhan Presiden Soekarno dengan isyarat beliau (Habib Basirih) membaca koran secara terbalik, Kempat, beliau menyelamatkan kapal yang mau karam di laut, dengan isyarat laku beliau memindahkan air satu tempat ke tempat lain dengan memakai gayung, Kelima, beliau pernah menghidupkan bangkai kambing yang sudah membusuk, untuk hidup kembali dengan segar bugar, Keenam, beliau pernah menyeberang sungai Basirih mengunjungi keponakan beliau Habib Batilantang hanya menggunakan tanggui (penutup kepala khas Banjar) saja, dan Ketujuh, hanya dengan meminum segelas air yang beliau doakan, membuat anak�anak yang tersendat-sendat membaca Al Qur’an menjadi sangat lancar. 2) Peran Kewalian Habib Basirih Banjarmasin Dalam Pengembangan Spiritualitas Islam yaitu masyarakat menjadi yakin akan keberadaan wali Allah, yakin akan adanya kekasih Allah dengan bukti banyaknya pengunjung yang berjiarah sehingga berdampak pada spiritualitas Islam seseorang yang paling utama adaalah menyakini akan kebesaran Allah swt dan juga akan berdampak pada penguatan keimanan dan keyakinan akan keberadaan wali Allah swt.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S2 Ilmu Tasawuf
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 29 Aug 2024 00:20
Last Modified: 29 Aug 2024 00:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27782

Actions (login required)

View Item View Item