EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementsi Zuhud D Menghadapi Problematika Masyarakat Modern

Bambang, Bambang (2024) Implementsi Zuhud D Menghadapi Problematika Masyarakat Modern. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
170104030213 - Bambang - Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (205kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Kerentanan terhadap perilau-perilaku yang menyimpang memang menjadi momok tersendiri dalam kehidupan modern, hal ini akibat dari informasi yang terbuka, kebebasan dalam mengakses informasi dan sebagainya. Hal tersebut tidak terlepas dari kondisi masyarakat yang belum bisa memaknai modernisasi itu sendiri. Akibatnya masyarakat mengalami kegelisahan, keresahan, gundah-gulana akibat ketidakadaan pegangan hidup. Karena ketidak adaan pegangan hidup sehingga membuat orang memilih jalan yang salah dalam mengatasi masalah dalam hidup. Selain itu, globalisasi serta perkembangan zaman telah merubah perilaku serta gaya hidup masyarakat menjadi konsumtif. Konsumtif sendiri adalah perilaku pemenuhan keinginan yang tidak lagi berdasarkan pertimbangan rasional dan hanya sekedar memenuhi hasrat kesenangan belaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan tokoh Islam klasik dan modern terhadap konsep zuhud dan penerapannya dalam menghadapi problematika masyarakat yang sebelumnya sudah disinggung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode studi kepustakaan atau library research dengan menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan buku-buku tokoh yang membicarakan term zuhud. Penelitian ini berkesimpulan bahwa zuhud, terutama penerapannya dalam menghadapi problematika sekarang ini tidak melulu bersifat asketis, namun sebaliknya, dengan semangat zuhud manusia tetap boleh dan bahkan harus ikut andil serta mengambil peran dalam setiap produktifitas berkehidupan dengan zuhud sebagai tamengnya. Semangat zuhud mengembalikan lagi nilai-nilai spritualitas di tengah kepongahan modernitas. Spiritualitas dalam sikap zuhud terwujud sebagai edukasi, bimbingan, dan penyelamatan terhadap krisis-krisis yang telah dijelaskan sebelumnya. Zuhud juga mengembalikan fungsi agama dalam ranah sosial sebagai kontrol sosial di tengah maraknya penyimpangan era modern, serta kebaikan seharusnya juga berdampak pada lingkungan sekitar. Pengejawantahan sikap zuhud yang berorientasi pada prilaku ruhani yang metafisik menjadi realistik yang berimbas mengubah prilaku individu sehingga bermutasi pada kecenderungan kepedulian sosial yang prinsip zuhud pada neo-sufisme bukan anti dunia melainkan dunia menjadi sarana menuju akhirat.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:39
Last Modified: 03 Sep 2024 07:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27832

Actions (login required)

View Item View Item