EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Tradisi Pembacaan Q.S. ad-Dukhȃn oleh Jemaah Majelis Ta’lim Shalawat al-Fatih di Desa Paya, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Studi Living Qur’an)

Lutfia, Anna Nur (2024) Tradisi Pembacaan Q.S. ad-Dukhȃn oleh Jemaah Majelis Ta’lim Shalawat al-Fatih di Desa Paya, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Studi Living Qur’an). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (867kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi karena adanya pembacaan Q.S. ad-Dukhȃn yang dilakukan setiap hari Jum’at oleh jamaah majelis ta’lim di desa Paya Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Selain itu, jamaah juga mengamalkannya karena ingin mendapatkan fadhilah dalam Q.S. ad-Dukhȃn, salah satunya yaitu dapat menghapus dosa. Sehingga, fokus permasalahan pada penelitian ini adalah mengkaji bagaimana prosesi, apa saja motivasi dan bagaimana pemahaman jemaah Majelis Ta’lim Shalawat al-Fatih di Desa Paya dalam tradisi pembacaan Q.S. ad�Dukhȃn?. Kemudian penelitian ini bertujuan agar dapat memberikan dorongan lebih kepada umat islam dalam memahami dan mengamalkan ayat-ayat al-Qur’an khususnya pada Q.S. ad-Dukhȃn. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Q.S. ad-Dukhȃn merupakan salah satu surah dari al-Qur’an yang menunjukkan kekuasaan Allah Swt. Allah memberikan begitu banyak cara untuk memudahkan hambanya dalam beribadah kepada-Nya. Salah satunya yaitu dengan mengamalkan Q.S. ad-Dukhȃn karena banyaknya fadhilah yang didapatkan. Tradisi ini bermula dari anjuran pimpinan majelis untuk mengamalkan di hari Jum’at karena sudah jadi turun-temurun dari guru beliau. Hal tersebut membuat majelis ta’lim terdorong untuk membaca dan mengamalkannya. Pada prosesi pembacaan surah ad-dukhan para jamaah harus mensucikan diri terlebih dahulu, lalu menghadap kiblat, membaca istighfar, bertawasul, membaca asmaul husna, membaca shalawat al-Fatih, membaca Q.S. ad-Dukhȃn dan diakhiri dengan do’a. Adapun motivasi para jamaah melakukan hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor diantaranya adalah ingin mendapatkan ampunan dosa dari Allah Swt, mendapatkan pahala, syafaat dan lain-lain. Dari motivasi tersebut, para jamaah dapat memahami bahwa mereka bisa merasakan dampak terhadap tradisi pembacaan Q.S. ad-Dukhȃn yaitu ketenangan batin.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:30
Last Modified: 14 Oct 2024 07:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27922

Actions (login required)

View Item View Item