EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Surat Keputusan Rektor UIN Antasari Nomor 341 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib Mahasiswa

Hafidzah, Nur Aulia (2024) Analisis Surat Keputusan Rektor UIN Antasari Nomor 341 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib Mahasiswa. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (250kB)
[img] Text
AWAL- NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB II - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB III - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB V - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN - NUR AULIA HAFIDZAH.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Skripsi ini menyoroti isu tentang Surat Keputusan Rektor UIN Antasari No. 366 Tahun 2018 tentang tata tertib mahasiswa Pasal 10 ayat 23 menyebutkan bahwa mahasiswa UIN Antasari dilarang merokok di dalam lingkungan kampus UIN Antasari. Dengan adanya SK Rektor tersebut maka UIN Antasari Banjarmasin merupakan salah satu Perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan yang membuat aturan turunan atau aturan pelaksana dari peraturan di atasnya. Namun, Rektor UIN Antasari menerbitkan SK baru yakni SK Rektor Nomor 341 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib Mahasiswa, akan tetapi ketentuan larangan merokok dalam SK tersebut dihilangkan atau ditiadakan. Sehingga tidak ada lagi peraturan yang memuat larangan merokok dikawasan kampus. Skripsi ini merupakan penelitian hukum normatif. Data penelitian ini diperoleh dengan cara membaca, melihat, menelaah, dan melakukan penelusuran dari berbagai literatur atau buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan mengenai Peraturan Kawasan Tanpa Rokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketentuan mengenai Kawasan Tanpa Rokok sudah sangat jelas diatur dalam hukum positif di Indonesia, dimulai dengan Undang-Undang, kemudian Peraturan Pemerintah, turun lagi pada peraturan dibawahnya yakni Peraturan Daerah. Akan tetapi, di UIN Antasari hingga saat ini masih belum ada regulasi yang mengatur mengenai kawasan tanpa rokok. Sekilas, memang pernah ada ketentuan larangan merokok pada SK Rektor No. 366 Tahun 2018 Tentang Tata Tertib Mahasiswa. Namun, SK Rektor ini di cabut dan digantikan dengan SK Rektor 341 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib Mahasiswa. Dalam SK Rektor ini ketentuan mengenai larangan merokok dihapuskan, sehingga sampai saat ini masih tidak terdapat regulasi yang mengatur mengenai kawasan tanpa rokok di UIN Antasari. Ketentuan mengenai kawasan tanpa rokok merupakan amanat langsung dari Undang-Undang kepada peraturan yang ada dibawahnya, hingga sampai dengan peraturan pelaksana seperti peraturan institusi, lembaga, atau badan yang termasuk dalam kawasan tanpa rokok.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tatanegara ( Siyasah Syariyyah)
Depositing User: Mahyuddinnor, S.I.Pust
Date Deposited: 18 Oct 2024 07:33
Last Modified: 18 Oct 2024 07:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27931

Actions (login required)

View Item View Item