EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Musyrif dalam Membimbing Keagamaan Mahasantri Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin

Hadi, Muhammad (2024) Peran Musyrif dalam Membimbing Keagamaan Mahasantri Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (221kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (749kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa berbagai macam latar belakang pendidikan mahasiswa baru UIN Antasari Banjarmasin tentu mempunyai kualitas keagamaan yang berbeda-beda, lebih khusus mahasantri yang riwayat pendidikannya selain dari pondok pesantren ada beberapa dari mereka yang minim akan pengetahuan agama dan juga ada diantara mereka tidak terlalu lancar dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, peran seorang musyrif sangat dibutuhkan guna membantu dan memberikan bimbingan keagamaan kepada mahasantri agar mereka memiliki pengetahuan keagamaan yang lebih medalam serta lebih terarah karena adanya bimbingan keagamaan yang ada di Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran musyrif dalam membimbing keagamaan mahasantri Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat musyrif dalam membimbing keagamaan mahasantri Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dalam bentuk deskriptif. Peneliti melakukan wawancara kepada murabbi Asrama IV, musyrif, dan mahasantri. Peneliti juga melakukan observasi dan dokumentasi untuk menggali data yang terkait dengan peran musyrif dalam membimbing keagamaan mahasantri Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Hasil penelitian ini adalah peran musyrif dalam membimbing keagamaan mahasantri Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin sesuai dengan peran yang dijalankan musyrif yaitu; peran musyrif sebagai orang tua, peran musyrif sebagai guru mengaji, peran musyrif sebagai pemimpin, peran musyrif sebagai pembimbing, dan peran musyrif sebagai teladan. Faktor pendukung musyrif dalam membimbing keagamaan mahasantri ialah faktor eksternal yaitu latar belakang pendidikan musyrif dan mahasantri yang beragam, tidak ada batasan antara musyrif dan mahasantri, dan musyrif tinggal di lingkungan Asrama IV Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Banjarmasin. Sedangkan faktor internal yaitu intelegensi dan minat belajar mahasantri yang tinggi, pembelajaran yang santai dan menyenangkan, dan sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambat musyrif dalam membimbing keagamaan mahasantri ialah mahasantri tidak memiliki motivasi belajar, mahasantri susah diatur dan suka bercanda, dan jadwal yang padat dari mahasantri.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:43
Last Modified: 21 Oct 2024 02:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27934

Actions (login required)

View Item View Item