EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perspektif Jama’ah Muslimah al-Batûl Banjarmasin Tentang Cara Menutup Aurat Berlandaskan Q.S. al-Ahzâb

Nazad, Lailan (2024) Perspektif Jama’ah Muslimah al-Batûl Banjarmasin Tentang Cara Menutup Aurat Berlandaskan Q.S. al-Ahzâb. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (721kB)

ABSTRAK

Penggunaan hijab pada zaman sekarang sangat berkembang dan modern, namun sebagai Muslimah kita tetap harus lebih pintar dalam memilih dan memakai hijab yang sesuai dalam syari’at Islam karena menutup aurat adalah suatu perintah yang wajib dipatuhi. Melihat pada zaman sekarang banyak wanita yang menutup aurat akan tetapi tidak semua dari mereka memakai sesuai syari’at Islam, beberapa dari mereka memiliki alasan masing-masing yang berbeda dalam menutup aurat, ada yang beralasan karena atas perintah Allah Swt, ada yang karena zaman, lingkungan, maupun pengaruh tekanan dari pihak tertentu. Pakaian wanita muslimah telah diatur sesuai syari’at Islam, sehingga wanita muslimah tidak boleh mengikuti hawa nafsu dalam hal menutup aurat. Metode yang penulis gunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. perspektif jama’ah Muslimah al-Batûl Banjarmasin tentang cara menutup arat berlandaskan Q.s al-Ahzâb penulis gunakan sebagai data dalam penelitian ini. Adapun subjek yang penulis gunakan adalah jama’ah majelis muslimah al-Batûl itu sendiri. Kemudian mengenai sampel penelitian yaitu berjumlah 15 orang. Adapun langkah pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu perspektif jama’ah Muslimah al-Batûl tentang cara menutup aurat berlandaskan al-Qur’an surah al-Ahzâb ayat 59 bahwa ayat ini diperintahkan untuk menutupi seluruh tubuh dengan jilbab mereka meyakini bahwa ayat ini bukan perintah memakai cadar, akan tetapi mereka berpendapat bahwa cadar hukumnya sunnah. Adapun mereka berpendapat bahwa bentuk penutup aurat yang dimaksud surah al-Ahzâb ayat 59 yaitu memakai jilbab yaitu mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.dan untuk warna pakaian penutup aurat yang paling baik menurut mereka adalah warna gelap dan hitam karena warnanya tidak mencolok mengurangi dari menarik perhatian laki-laki dan tidak mudah menerawang, dan ayat ini diperintahkan kepada para perempuan muslimah. Adapun kondisi yang mengwajibkan muslimah menutup aurat yaitu pada saat mereka sudah baligh ataupun sudah mengalami haid, saat keluar rumah maupun didalam rumah saat berhadapan dengan laki-laki yang bukan mahram.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:00
Last Modified: 23 Oct 2024 02:00
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27943

Actions (login required)

View Item View Item