EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas Dakwah di Masjid Baiturrahman Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru

Mubarok, Muhammad Luthfi Azkia (2018) Aktivitas Dakwah di Masjid Baiturrahman Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sebagai sentral dari dakwah Islam, masjid menjalankan perannya sebagai tempat penyebaran dakwah dengan kegiatannya. Penelitian dilandasi dengan adanya kegiatan dakwah di Masjid Baiturrahman Kompleks Perumahan Wengga Indah Jaya IV Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru yang diharapkan menjadi penggerak masyarakat dalam giat beribadah kepada Allah swt. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui apa saja aktivitas dakwah serta apa saja faktor-faktor penunjang dan penghambat aktivitas dakwah di Masjid Baiturrahman. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun data terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder yang mana masing-masing data didapat melalui pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui sumber data yang sudah ditentukan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas dakwah di Masjid Baiturrahman Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang Banjarbaru adalah sebagai berikut: (1). Majlis Taklim. (2). Tadarus Alquran. (3). Yasinan Ibu-Ibu. (4). Khotbah pada hari Jumat dan Hari Raya. (5). Ceramah Agama dalam acara Peringatan Hari Besar Islam. (6). Taman Kanak-Kanak/Taman Pendidikan Alquran (TK/TPA) Ar-Rahman. (7). Pengajian Remaja sebagai tambahan ilmu agama untuk kalangan remaja. Faktor pendukung aktivitas dakwah di Masjid Baiturrahman yaitu: (1) Lokasi masjid yang strategis. (2) Pendanaan masjid yang mencukupi. Faktor penghambat diantaranya: (1) Kurangnya waktu dan minat jamaah dalam mengikuti kegiatan dakwah. (2) Dai yang tidak hadir saat kegiatan dakwah. (3) Gangguan saat berjalannya kegiatan dakwah seperti gangguan pada microphone, serta anak-anak yang bermain saat pengajian atau kegiatan lainnya tengah berlangsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Ruang Multimedia
Date Deposited: 08 Jun 2018 02:58
Last Modified: 08 Jun 2018 02:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item View Item