EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penentuan Harga Jual Sepatu dan Sandal di Pasar Baru Banjarmasin dalam Perspekstif Etika Bisnis Islam

Heldayani, Heldayani (2018) Penentuan Harga Jual Sepatu dan Sandal di Pasar Baru Banjarmasin dalam Perspekstif Etika Bisnis Islam. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (632kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (177kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya bahan sandang yang di perlukan oleh setiap umat manusia. Salah satunya adalah sepatu dan sandal, yakni bahan sandang yang memiliki banyak fungsi. Dengan model yang sama serta merek yang sama sepatu dan sandal dijual dengan harga yang bervariasi oleh berbagai toko. Oleh karena itulah penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana cara penentuan harga jual oleh para pedagang dipasar Baru dan mengetahui apakah penentuan harganya sudah sesuai dengan perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), yang dilakukan di Pasar Baru Banjarmasin. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah para pedagang sepatu dan sandal. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara, data yang di dapat diolah dengan cara editing dan deskripsi. Selanjtnya data di analisis dengan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif interpretatif. Untuk tahapana penelitian yang dilakukan yaitu dimulai dengan tahapan pendahuluan, yang dlanjutkan dnegan tahapan pengumpulan data, tahapan pengolahan dan analisis data, serta di akhiri dengan tahapan penyusunan laporan. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa penentuan harga jual sepatu dan sandal di pasar baru menggunakan metode mark up princing, yaitu kelebihan harga jual diatas harga beli. Ditinjau dari etika bisnis Islam, penetapan harga yang dilakuan oleh pedagang di pasar baru Banjarmasin ialah sangat wajar. karena apabila orang berdagang ingin mendapatkan keuntungan atau laba. para pedagang di sana tidak mengharuskan mendapatkan laba sebanyak mungkin, mereka menetapkan harga sesuai dengan etika bisnis Islam, para pedagang di sana menghitung laba sesuai dengan yang dikeluarkan perhari demi menutupi kebutuhan toko seperti sewa toko, jaga malam, listrik, wifi dan gaji karyawan serta mengembalikan modal sebelumnya untuk membeli barang baru dan menambah modal. para pedagang sepatu dan sendal dipasar baru Banjarmasin telah menerapkan bentuk-bentuk etika bisnis islam walaupun tidak semua diterapkan dari 4 diantaranya yang paling banyak tidak diterapkan ialah tauhid ( jujur) karena apabila terlalu jujur akan mengurangi peminat pembeli pada saat transaksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 29 Jun 2018 08:04
Last Modified: 29 Jun 2018 08:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10030

Actions (login required)

View Item View Item