EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Pendistribusian Zakat Produktif Pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan

Syahrif, Airul (2018) Manajemen Pendistribusian Zakat Produktif Pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (790kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Airul Syahrif. 2018. Manajemen Pendistribusian Zakat Produktif Pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing, (I) Dr. Mahmud Yusuf, M.Si. (II) Drs. H. Syahrudi, M.Fil.I. Kata Kunci: Manajemen Zakat, Pendistribusian, Zakat Produktif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan BAZNAS yaitu meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Pendistribusian zakat secara produktif yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan diharapkan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan di Kalimantan Selatan. Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian lebih jauh mengenai manajemen yang dilakukan dalam pendistribusian zakat produktif agar dana yang disalurkan tepat sasaran, amanah dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dan kendala dalam pendistribusian zakat produktif pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Disamping itu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pendistribusian zakat produktif pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan terhadap mustahik yang menerimanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Karenanya, untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Wawancara dilakukan kepada Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan beserta stafnya dan mustahik penerima zakat produktif BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Melalui teknik analisis deskriptif kualitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan sudah sesuai dengan teori yang ada. Zakat produktif disalurkan dalam bentuk bantuan modal usaha bergulir, bantuan biaya pendidikan, dan bantuan biaya kesehatan. Kebanyakan mustahik yang menerima zakat produktif adalah fakir dan miskin. Pengawasan yang dilakukan oleh BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan dalam menjaga keutuhan dana zakat produktif yang disalurkan yaitu mengharuskan mustahik untuk menabung setiap bulannya di BMT Amanah. Sedangkan yang menjadi kendala dalam pendistribusian zakat produktif yaitu keterbatasan SDM yang ada pada BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Pengaruh dari zakat produktif yang disalurkan sangat bermanfaat untuk menunjang perekonomian mustahik, terutama dalam hal membuka usaha sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2018 07:42
Last Modified: 27 Jul 2018 07:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10139

Actions (login required)

View Item View Item