EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Rabithah Murid dengan Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Misbahul Munir Banjarbaru

Anwar, Khairul (2018) Rabithah Murid dengan Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Misbahul Munir Banjarbaru. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (24kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (559kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (175kB)

ABSTRAK

Penelitian ini beranjak dari fenomena pesatnya perkembangan tasawuf dan pengaruh ajaran tasawuf yang membuat para anggota tarekat memiliki sikap yang baik dengan mengikuti guru mursyid suatu tarekat, dalam hal ini yaitu dalam Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah. Perilaku dari pengikut tarekat yang menjadi semakin baik menunjukkan pentingnya seseorang mengikuti ajaran tarekat. Karena bentuk pengamalan dalam sebuah tarekat sangat di perlukan di zaman yang saat ini telah banyak melalaikan hati untuk kembali kepada Sang Pencipta. Hal yang paling penting dalam pengamalan tarekat yaitu keterikatan batin murid dengan menghadirkan sosok mursyid dalam keseharian maupun ajaran dalam tarekat itu sendiri, yang biasa di sebut dengan rabithah. Permasalahan Peneliti ini adalah bagaimana bentuk rabithah murid dengan mursyid tarekat Naqsyabandiyah dan cara rabithah murid dengan mursyid tersebut. Tujuan dari peneliatian ini untuk mengetahui bentuk rabithah yang ada dalam Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Pon-Pes Misbahul Munir dan cara murid untuk rabithah dengan mursyidnya di Pon-Pes Misbahul Munir Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologik dalam menemukan Bentuk dan Cara Rabithah murid dengan Mursyid Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah Pondok Pesantren Misbahul Munir. Subjek penelitian ini berjumlah sembilan orang laki-laki Murid tarekat dan 1 orang laki-laki mursyid tarekat tersebut. Teknik yang di gunakan dalam memperoleh data adalah observasi partisipan sistematik dan wawancara terstruktur. Hasil penelitiannya di analisis dengan metode logika deduktif. Dari analisis diperoleh bahwa, bentuk Rabithah Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Pondok Pesantren Misbahul Munir untuk menguatkan hubungan batin dengan sang mursyid ada lima bentuk yaitu Zikir, Pengajian Rutin, Silaturahmi, Sya’ir dan menghadirkan sosok wajah guru dalam keseharian. Sedangkan cara murid tarekat untuk rabithah dengan mursyid ada 18 cara yang terbagi kedalam dua bagian yaitu formal dan non-formal. Dari semua itu hal terpenting di dalamnya yaitu menghadirkan sosok mursyid dalam setiap melakukan kegiatan baik formal ataupun non-formal.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 30 Jul 2018 05:37
Last Modified: 30 Jul 2018 05:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item