EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran KH. Muhammad Sani Di Bidang Pendidikan Islam Kalimantan Selatan

Yasha, Ridho Nur (2018) Peran KH. Muhammad Sani Di Bidang Pendidikan Islam Kalimantan Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini membahas mengenai Peran KH. Muhammad Sani di Bidang Pendidikan Islam Kalimantan Selatan. KH. Muhammad Sani adalah salah satu tokoh di bidang pendidikan Islam di Kalimantan Selatan. Beliau adalah sosok ulama banjar yang di kenal di masyarakat sebagai ulama yang sangat gigih berjuang untuk memajukan dunia pendidikan di masyarakat. Beliau banyak mengedepankan masalah Fiqih dan Tasawuf berintikan keihklasan manusia. Beliau juga aktif sebagai mubalig atau sebagai guru agama di masjid, langgar dan rumah-rumah. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang dikenalnya KH. Muhammad sani di kalangan masyarakat saat ini dan mahasiswa. Padahal begitu besar peran, jasa dan perhatian beliau terhadap pendidikan Islam di Kalimantan Selatan, maka figur KH. Muhammad Sani sangat layak untuk dikenal dan dijadikan sebagai tokoh pendidikan Islam di Kalimantan Selatan. Fokus penelitian disini adalah bagaimana peran KH. Muhammad sani di bidang pendidikan Islam di Kalimantan selatan serta bagaimana proses perjalanan beliau dalam memajukan pendidikan Islam di Kalimantan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yaitu mempelajari dan memperoleh bahan-bahan yang didapat melalui studi literatur dan wawancara yang berkaitan dengan masalah yang di teliti yaitu peran KH. Muhammad Sani di bidang pendidikan Islam Kalimantan Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya peran KH. Muhammad Sani di bidang pendidikan Islam Kalimantan selatan yaitu: Pertama, Menjadi seorang muballig beliau sering mengisi ceramah-ceramah agama, khutbah, dan pengajian-pengajian lainnya di masjid-mesjid, mushala, rumahrumah masyarakat, serta memenuhi undangan-undangan dari petinggi pejabat di Kalimantan Selatan pada saat itu. Kedua, Membangun relasi yang baik dengan para petinggi pejabat baik itu di daerah Kalimantan maupun sampai ke luar Negeri, untuk mempermudah jejak langkah beliau dalam mengajak mereka memajukan Pendidikan Islam di Kalimantan Selatan. Ketiga, Mempelopori berdirinya berbagai lembaga pendidikan Islam baik formal maupun non Formal di Kalimantan selatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Ridho Nur yasha
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:47
Last Modified: 21 Aug 2018 02:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item