EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Antar Penganut Agama dalam Keluraga (Studi Kasus Etnis Tionghoa di Banjarmasin)

Muhammad, Sidik (2018) Hubungan Antar Penganut Agama dalam Keluraga (Studi Kasus Etnis Tionghoa di Banjarmasin). Skripsi, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (735kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (78kB)

ABSTRAK

Muhammad Sidik: 1201411523. Hubungan Antar Penganut Agama dalam Keluraga (Studi Kasus Etnis Tionghoa di Banjarmasin). Pembimbing: (1) Dr. H. Mirhan AM, M.Ag., (2) Hj. Maimanah, M.Ag. Kata kunci: Tionghoa, Keluarga, Kerukunan, Universal, Etika. Di Indonesia jumlah keturunan etnis Tionghoa tidaklah seberapa dibandingkan dengan etnis atau suku yang lainnya. Pada umumnya orang menganggap bahwa etnis Tionghoa sebagian besar beragama Buddha, tetapi pada umumnya dalam beragama orang Tionghoa juga beragam sepeti Islam maupun juga Katolik. Bagi etnis Tionghoa keluarga memiliki kedudukan yang sangat penting. Di beberapa kasus etnis Tionghoa memiliki beragam penganut agama dalam satu keluarga. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses terjadinya perbedaan agama dalam keluarga etnis Tionghoa di Banjarmasin dan bagaimana gambaran interaksi antar anggota keluarga yang berbeda agama tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat studi kasus. Yang menjadi lokasi dari penelitian ini adalah kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggambarkan bagaimana proses terjadinya perbedaan agama dalam keluarga tersebut dan interkasi yang terjadi dalam keluarga tersebut. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 2 (dua) keluarga etnis Tionghoa yang berbeda agama sedangkan yang menjadi objeknya ialah proses perbedaan agama dalam keluarga tersebut dan interaksi yang terjadi di antara anggota keluarga yang berbeda agama. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif analisis berdasarkan data yang diperoleh dilapangan. Berdasarkan dari dua kasus keluarga Tionghoa yang berbeda agama di Banjarmasin, ada beberapa hal yang menjadi hasil dari pembahsan data dari skripsi ini yaitu agama dan nilai-nilai universal, etika dan nilai moral dalam hubungan antar anggota keluarga yang berbeda agama dan komitmen keberagamaan. Mereka menjadi berbeda dikarenakan pernikahan beda agama dan juga karena memlih agama berdasarkan keyakinan mereka dan tidak harus menganut keyakinan yang diyakini oleh kedua orang tua mereka. Ajaran universal bagi seluruh agama seperti berbuat baik dan meyakini ajaran agama masing-masing menjadikan keluarga yang berbeda agama dapat hidup harmonis satu sama lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity
Depositing User: S.Ag Muhammad Sidik
Date Deposited: 28 Aug 2018 02:34
Last Modified: 28 Aug 2018 02:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10613

Actions (login required)

View Item View Item