EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas V MI Sullamutaufiq Banjarmasin

Nikmah, Jamiatun (2019) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas V MI Sullamutaufiq Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orangtua sangat berperan penting dalam menentukan kepribadian dan pendidikan anak. Selain membentuk kepribadian dan pendidikan anak di rumah, orangtua juga harus memotivasi anak untuk belajar agar prestasi belajar anak meningkat dengan baik. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah orangtua peserta didik kelas V MI Sullamutaufiq Banjarmasin memberikan motivasi belajar dan apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MI Sullamuttaufiq Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah orangtua peserta didik kelas V MI Sullamuttaufiq Banjarmasin memberikan motivasi belajar dan mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MI Sullamuttaufiq Banjarmasin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang peserta didik MI Sullmuttaufiq Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua peserta didik kelas V memberikan motivasi belajar pada anak agar prestasi belajar meningkat dengan baik, Adapun bentuk motivasi yang diberikan orangtua kepada anaknya ialah: membantu anak mengerjakan PR, mendampingi anak saat belajar, dan membantu anak menyiapkan tugas praktik. Dapat dilihat pada hasil penyebaran angket motivasi belajar peserta didik di kelas V memiliki nilai rata-rata adalah 10,66. Sedangkan prestasi belajar pada kelas V memiliki nilai rata-rata adalah 80.51. nilai rata-rata hasil penyebaran angket dan prestasi belajar sangat jauh berbeda sehingga hasil data yang diperoleh tidak berpengaruh. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji t diketahui nilai Sig. 0,701 karena 0,701 > 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hasil uji t menunjukkan bahwa motivasi belajar tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar. Berdasarkan perhitungan data maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pada prestasi belajar yang dipengaruhi oleh motivasi belajar pada kelas V MI Sullamuttaufiq Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Jamiatun jamiatun Nikmah atun
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:30
Last Modified: 22 Feb 2019 01:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item