EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktek Zakat Fitrah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Studi tentang Muzakki dan Amil dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah)

Abdullah, Abdullah (2019) Praktek Zakat Fitrah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Studi tentang Muzakki dan Amil dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1 PERNYATAAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
2 AWAL.pdf

Download (322kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA edit.pdf

Download (58kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Mengatasi masalah kesenjangan sosial pada masyarakat, agama Islam telah memberikan solusinya melalui konsep zakat. Dalam syariat Islam hubungan kaya-miskin dilandaskan pada aksioma “di dalam harta orang kaya terdapat hak orang yang berkekurangan…”.Agama Islam membagi zakat menjadi dua macam, yakni zakat mal dan zakat fitrah. Berdasarkan pengamatan, penulis melihat di daerah penulis, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, masih banyak muzakki zakat fitrah yang mengeluarkan zakat bukan berdasarkan pada apa yang telah dituntunkan oleh Alquran.Persoalan lain yang penulis temukan para pengurus/takmir mesjid yang melakukan kegiatan pengelolaan zakat khususnya zakat fitrah tanpa berdasarkan izin dari pejabat yang berwenang, mereka membuat perkumpulan sendiri dan tidak melaporkan kegiatan pengelolaan zakat fitrah kepada pejabat berwenang.Tidak hanya sampai di siitu berdasarkan informasi yang ada, petugas yang menjadi amil pada mesjid melakukan hal semau mereka dalam mendistribusikan zakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis emphirisatau penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian hukum yang memperoleh data dari sumber data primer, kajiannya adalah bekerjanya hukum dalam masyarakat.Adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif terhadap bahan hukum yang diperoleh. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: pertama. Zakat fitah di Kabupaten Hulu Sungai Selatan biasanya dilakukan dimana seorang muzakki datang langsung menyerahkan zakat fitrah. Dengan di serahkan kepada mustahik secara langsung atau kepada petugas amil zakat di masjid. Pembagian setiap orang yang berhak menerima zakat fitrah dilakukan berdasarkan keputusan pihak petugas amil pada masjid atau musholla. Dengan demikian mereka tidak memiliki standar yang pasti untuk menentukan siapa yang berhak diberikan zakat fitrah. Kedua.Menurut peneliti, amil zakat pada masjid di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga tidak dapat memenuhi persyaratan yang diwajibkan, karena tidak pernah diangkat ataupun disahkan oleh pemerintah sebagai amil zakat yang sah. Sedangkan pada sisi mustahiq zakat maka Praktek Zakat Fitrah yang di lakukan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan sudah sesuai dengan ketentuan syariat Islam yang dikemukakan para ulama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
K Law > K Law (General)
Depositing User: SHI, MH Abdullah Abdullah
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:26
Last Modified: 27 Feb 2019 07:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item