EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi proses Pendidikan Lingkungan Hidup melalui program Adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Martapura Dan Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura (Analisis Theologi, Psikologi, dan Sosiologi)

Ulya, Ulya (2019) Implementasi proses Pendidikan Lingkungan Hidup melalui program Adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Martapura Dan Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura (Analisis Theologi, Psikologi, dan Sosiologi). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (371kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (928kB)

ABSTRAK

Pendidikan lingkungan hidup merupakan menumbuhkembangkan potensi sebagai kesatuan ruang dengan semua benda, daya dan keadaan makhluk hidup yang memengaruhi kelangsungan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya. Program Adiwiyata adalah upaya membangun peningkatan nilai dan efektivitas peran serta dalam pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Rumusan masalah membahas tentang bagaimana, problematika implementasi, faktor yang memengaruhi implementasi proses pendidikan lingkungan hidup melalui program Adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Martapura dan Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura (analisis theologi, psikologi, dan sosiologi). Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dengan guru tim Adiwiyata serta dokumentasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi proses pendidikan lingkungan hidup melalui program Adiwiyata 1) implementasi proses pendidikan lingkungan hidup melalui program Adiwiyata di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Martapura a) Jumat bersih, b) pembentukan pasukan hijau/remaja hijau, c) penanaman dan perawatan tanaman, d) kegiatan bank sampah e) pemanfaatan 3R. Sedangkan Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Martapura a) pengembangan kegiatan kebijakan berwawasan lingkungan, b) pengembangan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan; c) pengembangan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif; e) kegiatan sarana prasarana lingkungan 2) problematika yaitu rendahnya kesadaran guru dan siswa pentingnya lingkungan hidup yang sesuai dengan pengelolaan lingkungan hidup (PLH) dan ajaran Islam; 3) faktor yang memengaruhinya yaitu kesadaran dari semua warga sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ulya Ulya Ulya
Date Deposited: 19 Mar 2019 06:38
Last Modified: 19 Mar 2019 06:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11493

Actions (login required)

View Item View Item