EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Alquran dengan Metode Ummi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Firdaus Banjarmasin

Mariyadi, Muhammad Habibi (2019) Pembelajaran Alquran dengan Metode Ummi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDIT Firdaus Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (532kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Lampiran Lampiran.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Alquran memberikan petunjuk manusia kepada jalan yang lurus. Tidak ada keburukan di dalamnya, oleh karena itu sebagai seorang muslim, kita berkewajiban untuk mempelajari dan mengajarkan Alquran, karena sebaik-baik manusia adalah mereka yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya. Metode adalah alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu pembelajaran dalam pengajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran Sebab, metode mempunyai peranan sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran membaca Alquran di Indonesia sudah berkembang dan sangatlah beragam. Dan salah satu metode tersebut adalah Metode Ummi. Metode Ummi merupakan metode yang mengenalkan cara membaca Alquran dengan tartil. Dalam pembelajarannya metode Ummi menggunakan sebuah pendekatan. Pendekatan itu adalah pendekatan bahasa Ibu yang pada hakekatnya pendekatan bahasa Ibu itu ada 3 unsur: Direct Methode (Metode langsung), Repeatation (diulang-ulang) dan Kasih Sayang Tulus. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Ustadz Shalahuddin selaku Guru pengajar, pembimbing serta koordinator guru Ummi ABK SDIT Firdaus Banjarmasin. Sedangkan Objek penelitian ini adalah Yaitu Proses Pembelajaran Alquran metode Ummi pada anak berkebutuhan khusus (ABK) dan hal-hal Apa saja yang menjadi faktor yang mendukung dan menghambat pada Proses Pembelajaran Alquran metode Ummi pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SDIT Firdaus Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi data, display data, dan verifikasi serta simpulan. Berdasarkan Hasil penelitian ini diketahui bahwa Proses Pembelajaran Al quran menggunakan Metode Ummi untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) didapati ada 7 tahapan pembelajaran. Sedangkan bentuk evaluasi yang dilakukan ustadz Shalahuddin ialah evaluasi harian tetapi tidak tertulis. Adapun hal-hal yang mendukung ialah tengaga pendidik yang professional, sarana dan parasarana yang memadai dan keaktifan siswa sedangkan factor penghambatnya ialah kesulitan dalam mengontrol emosi siswa, menstimulus keluarnya suara siswa dan kurangnya koordinasi dan kerjasama antara guru dan orangtua siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Muhammad Habibi Mariyadi
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:44
Last Modified: 21 Mar 2019 07:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11525

Actions (login required)

View Item View Item