EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Dosen UIN Antasari Mengenai Wali yang Memberikan Syarat pada Pernikahan

Handayani, Sinta (2019) Persepsi Dosen UIN Antasari Mengenai Wali yang Memberikan Syarat pada Pernikahan. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (952kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah ayah dari pihak perempuan mau menjadi wali dalam pernikahan anak perempuannya dengan syarat calon suami dapat memberikan satu buah sepeda motor. Apabila telah terjadi juga pernikahan ini, seorang ayah yang sebagai wali dalam pernikahan memberikan syarat seperti itu, apa nantinya hak kewalian dari seorang ayah tersebut gugur apabila terjadi pernikahan seperti ini. kemudian bagaimana pendapat sebagaian ulama intelektualmengenai wali yang memberikan syarat pada pernikahan. Apa dasar hukum yang diambil ulama intelektual apabila terjadi pernikahanmengenai wali yang memberikan syarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dosen UIN Antasari mengenai wali yang memberikan syarat pada pernikahan beserta dasar hukumnya yang diambil tentang wali bersyarat menurut dosen. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empirs lapangan (field research), yang pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara dengan informan yaitu dosen. Setelah data terkumpul lalu diolah dengan tahapan editing dan matrikasi, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua dosen berpendapat ada yang mengatakan wali bersyarat kalau syarat tersebut dapat memberatkan pihak dari suaminya maka gugurlah hak kewaliannya. Menurut penulis dasar hukum yang dikemukakan dosen berpendapat memangtidak ditemukan keterangan bahwa seorang wali menetapkan syarat dalam pernikahan, menurut beliau seorang wali boleh saja menetapkan syarat dalam pernikahan tersebut sepanjang syarat tersebut tidak memberatkan bagi calon mempelai laki-laki atau calon mempelai perempuan tersebut dapat memenuhinya sesuai kemampuannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut seorang wali gugur sebagai kewaliannya apabila dia enggan atau menghalang-halangi sebuah pernikahan. Dalam Al-Qur’an surah Al- Maidah ayat 2:“Tolong menolong kamu dalam berbuat kebaikan dan taqwa dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.”

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: Skripsi Sinta Handayani
Date Deposited: 01 Apr 2019 01:21
Last Modified: 01 Apr 2019 01:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11653

Actions (login required)

View Item View Item