EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pendapatan Petani Karet Sebagai Mata Pencarian Utama Di Desa Seradang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong

Anwary, Lutfhi Yudwi (2019) Analisis Pendapatan Petani Karet Sebagai Mata Pencarian Utama Di Desa Seradang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari usaha karet di Desa Seradang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. Pendapatan dari menyadap karet bagi masyarakat desa Seradang adalah sebagai pekerjaan utama untuk memenuhi keperluan hidupnya, sehingga dapat menopang kehidupan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan petani karet sebagai mata pencarian utama di Desa Seradang Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong. dan mengetahui kesejahteraan petani karet dengan kondisi perekonomian pada masa sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat yang bekerja sebagai petani karet di Desa Seradang Untuk menggali data yang diperlukan dilakukan dengan observasi, wawancara, kemudian data yang diperoleh diolah dengan teknik editing, klasifikasi, dan deskripsi setelah itu dianalisis secara kualitatif untuk menarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian terhadap pendapatan petani karet sebagai mata pencarian utama di Desa Seradang ditemukan bahwa Pendapatan yang masyarakat dapatkan dari bekerja sebagai petani karet dapat dikategorikan menjadi dua. Kategori pertama pendapatan petani karet yang menyadap lahannya sendiri yang tiap minggunya mendapatkan pendapatan dengan kisaran Rp600.000,00. sd Rp2.400.000,00. tergantung luas lahan yang disadap. Kategori kedua pendapatan petani karet yang menyadap lahan milik orang lain yang tiap minggunya mendapatkan pendapatan dengan kisaran Rp700.000,00. sd Rp1.300.000,00. Adapun kesejahteraan para petani karet di Desa Seradang dapat dikatakan sejahtera dilihat dari tingkat pendapatan yang diperoleh berkisar anatar Rp600.000,00 sd Rp2.400.000,00 perminggunya, Keadaan tempat tinggal yang berada yang berada ditingkat sedang atau layak ditempati dan kemudahan memasukan anak kejenjang pendidikan yang juga berada pada tingkat mudah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Lutfhi Yudwi Anwary
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:08
Last Modified: 29 Aug 2019 02:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

View Item View Item