EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembiasaan Akhlak Anak Dalam Rumah Tangga di Desa Handil Katom Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar

Hasan, Muhammad (2019) Pembiasaan Akhlak Anak Dalam Rumah Tangga di Desa Handil Katom Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (307kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (90kB)

ABSTRAK

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembiasaan sebagai salah satu metode pendidikan yang sangat tepat diberlakukan terhadap anak dalam rangka pembiasaan akhlak untuk anak oleh orang tua dalam rumah tangga. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orangtua dalam menerapkan proses pembiasaan sebagai salah satu metode pendidikan yang sangat tepat diberlakukan terhadap anak dalam rumah tangga. Dengan rumusan masalah bagaimana upaya orang tua dalam pembiasaan akhlak anak di rumah tangga di Desa Handil Katom Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pembiasaan akhlak anak di rumah tangga tersebut.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua atau wali yang mempunyai anak usia 6-12 tahun di desa Handil Katom Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar yang beragama Islam dengan jumlah 104 orang kepala keluarga (KK), serta dengan mengambil sampel sebesar 50 % dari populasi tersebut yakni 52 orang orangtua atau kepala keluarga (KK). Dalam pengumpulan data di lapangan digunakan teknik angket, wawancara, observasi dan dokumenter yang kemudian data ini dimasukkan dan dilaksanakan pengolahan data dengan menggunakan editing, koding, menghitung frekuensi, tabulating, dan interpretasi data. Selanjutnya semua data dianalisa menggunakan teknik deskriftif kualitatif dan kemudian diberikan kesimpulan dengan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian melalui pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumenter, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pendidikan akhlak anak dengan metode pembiasaan oleh orang tua dalam rumah tangga di desa Handil Katom Tambak Sirang Darat Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar telah berjalan dengan baik. Pembiasaan akhlak anak oleh orang tua dalam rumah tangga tersebut dilaksanakan melalui pemberian contoh dan keteladanan dalam pergaulan, penekanan kedisiplinan sebagai latihan dan pembiasaan, serta pujian dan hukuman sebagai ganjaran. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembiasaan akhlak anak dalam rumah tangga tersebut adalah latar belakang pendidikan orang tua yang cukup tinggi karena mayoritas latar belakang pendidikan mereka adalah SMU/sederajat, status sosial ekonomi orang tua yang berpenghasilan sedikit karena mayoritas dalam kategori menengah, pengaturan waktu dan kesempatan pun dikelola dengan baik oleh para orang tua diatas rata-rata, ditambah dengan lingkungan sosial keagamaan masyarakat yang sarat dalam menunjang pelaksanaan pembiasaan akhlak anak oleh orang tua dalam rumah tangga.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: MUHAMMAD HASAN -
Date Deposited: 18 Oct 2019 00:42
Last Modified: 18 Oct 2019 00:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item