EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perilaku Keagamaan Petani Karet di Desa Kait-Kait RT 05 RW 01 Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut

Syarif, Muhammad (2019) Perilaku Keagamaan Petani Karet di Desa Kait-Kait RT 05 RW 01 Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
LAMPIRAN FOTO.pdf

Download (972kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (103kB)

ABSTRAK

Tugas pokok manusia sebagai abdullah dan khalifatullah di muka bumi ini menggiring kita kepada dua corak amal yakni kerja yang bersifat keduniawian dan keukhrawian. Sebagai abdullah kita diharuskan melakukan amal-amal atau pekerjaan keukhrawian seperti ibadah mahdhah, zikir, salawat dan lainnya, sementara sebagai khalifatullah mengharuskan kita melakukan kerja-kerja duniawiah seperti bertani, berdagang, sebagai pegawai negeri maupun lainnya. Dengan bekerja seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya serta keluarganya, tetapi harus seimbang pula dengan amal ibadahnya. Tidak sedikit orang yang mengatas namakan bekerja sebagai alasan untuk dapat meninggalkan kewajiban ibadahnya. Begitu pula bagi sebagian petani karet yang sudah mulai bekerja ketika belum sampainya waktu subuh sehingga membuat mereka sering lalai akan kewajiban tersebut. Mengingat betapa pentingnya shalat bagi seorang muslim, karna amal yang pertama kali di hisab pada hari kiamat kelak adalah shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku keagamaan yakni aktifitas shalat para petani karet dan hal-hal yang mempengaruhinya di Desa Kait-Kait Rt 05 Rw 01 Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang petani karet yang aktif menyadap setiap hari. Hasil penelitian diperoleh bahwa, para petani karet cenderung sering terlalaikan shalat terutama shalat subuh dikarenakan waktu tersebut berbenturan dengan jam bekerjanya serta minimnya pendidikan agama yang mereka miliki membuat para petani karet terbiasa meninggalkannya tanpa ada usaha untuk mengqodhonya. Adapun hal-hal yang mempengaruhi perilaku keagamaan yakni aktifitas shalat petani karet, yaitu: kurangnya pembinaan keluarga sejak dini, kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan agama, faktor ekonomi dan kebiasaan yang telah tertanam, serta kurangnya regulasi masyarakat terhadap aparatur desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: MUHAMMAD SYARIF -
Date Deposited: 23 Oct 2019 06:38
Last Modified: 23 Oct 2019 06:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12880

Actions (login required)

View Item View Item