EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Sistem Kelayakan Pembiayaan Mikro Studi Kasus Pada Nasabah BRI Syariah Banjarmasin KCP Teluk Dalam Soetoyo S

Fahrianti, Mega (2020) Analisis Sistem Kelayakan Pembiayaan Mikro Studi Kasus Pada Nasabah BRI Syariah Banjarmasin KCP Teluk Dalam Soetoyo S. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (231kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kasus pembiayaan bermasalah, yang sangat berpengaruh terhadap kondisi keuangan bank. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat kelayakan dalam memberikan pembiayaan, dan kendala dalam menganalisis pembiayaan mikro di PT. Bank BRI Syariah KCP Teluk Dalam Soetoyo S. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan yang memproses kelayakan pembiayaan mikro pada nasabah PT. Bank BRI Syariah KCP Teluk Dalam Soetoyo S, yaitu para Account Officer mikro dengan objek penelitian analisis sistem kelayakan pembiayaan mikro pada nasabah PT. Bank BRI Syariah KCP Teluk Dalam Soetoyo S serta kendala dalam menganalisisnya. Selain itu data yang digunakan yaitu data primer yang berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa sebuah dokumen, serta data tertulis seperti buku dan jurnal, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen. Adapun analisisnya yang digunakan untuk menganalisis hasil wawancara dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan, Pertama: praktik analisis pembiayaan mikro yang diterapkan PT. Bank BRI Syariah KCP Teluk Dalam Soetoyo S dengan menerapkan metode analisis 5C yaitu Character (karakter/watak), Capacity (kemampuan nasabah untuk menjalankan usahanya), Capital (modal), Collateral (jaminan) dan Condition Of Economy (kondisi ekonomi). Analisis tersebut untuk mengukur tingkat kelayakan calon nasabah pembiayaan dan apabila ada kriteria yang tidak terpenuhi maka pihak PT. Bank BRI Syariah KCP Teluk Dalam Soetoyo S akan menangguhkan permohonan. Kedua kendala dalam analisis kelayakan pembiayaan mikro pada nasabah PT. Bank BRI Syariah KCP Teluk Dalam Soetoyo S dari nasabah yang tidak mau terbuka atau dilebih-lebihkan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada saat interview.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 22 Jan 2020 01:42
Last Modified: 22 Jan 2020 01:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item