EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Sosiologi Hukum Terhadap Praktik Jual Beli Obat Yang Mengandung Dekstrometorfan (Studi Kasus Di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara)

Ardiansyah, Ardiansyah (2019) Analisis Sosiologi Hukum Terhadap Praktik Jual Beli Obat Yang Mengandung Dekstrometorfan (Studi Kasus Di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TESIS.pdf

Download (720kB)
[img] Text
awal1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
awal1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I fix.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB II fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III fix.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV fix.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB V fix.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Obat yang mengandung dekstrometorfan adalah merupakan obat yang berfungsi untuk menahan batuk yang disebabkan oleh flu. Namun seiring dengan perkembangan pengetahuan obat terebut mengalami pergeseran fungsi oleh masyarakat khususnya para remaja. Obat yang mengandung dekstrometrofan yang seharusnya berfungsi untuk menekan batuk, tetapi oleh para remaja digunakan untuk mabuk-mabukkan. Surat Keputusan BPOM RI pada No. HK.04.1.35.07.13.3855 Tahun 2013, yang berisi tentang pembatalan izin edar obat yang mengandung dekstrometorfan, pada keputusan tersebut 130 obat yang mengandung dekstrometorfan ditarik dari peredarannya. Selain itu himbauan BNN RI melalui situs resminya telah menyatakan bahwa obat tersebut adalah merupakan jenis narkotika golongan III yang tertulis pada Undang-Undang Kesehatan No. 35 Tahun 2009. Pada kenyataannya obat tersebut masih mudah didapat di warung, toko obat dan apotik-apotik di Kecamatan Samboja. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan Sosiologi Hukum (sosio legal research) dengan jenis penelitian studi kasus (study case), kemudian penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu para remaja membeli obat yang mengandung dekstrometorfan sebanyak 3 kotak maupun lebih dengan isi per kotaknya 30 saschet, per saschet memiliki kandungan dekstrometorfan 15 mg, jadi setiap per kotaknya memiliki kandungan dekstrometorfan sebnyak 450 mg, jadi apabila mereka membeli obat tersebut sebanyak 3 kotak maka kandungan dekstrometorfan yang dikonsumsi sebanyak 1.350 mg dalam satu waktu. Faktor yang mengakibatkan praktik jual beli obat dekstrometorfan masih berlangsung yaitu, faktor internal, faktor eksternal yang, faktor sosiologi, faktor kaidah hukum, faktor penegak hukum, faktor kesadaran hukum, faktor pendidikan dan pengetahuan. Dari Hukum Ekonomi Syariah jual beli tersebut tetap dilarang jika penjual mengetahui itikad buruk dari pembeli obat tersebut. Dari segi Maqa>s}id Asy - S yari> ’ ah jual beli obat tersebut lebih banyak mengandung mud}a>rat nya dibandingkan dengan kemaslah}atan nya sehingga ditinjau dari kaidah Us}uliyyah Fiqhiyyah ( ad} - d}a r a r u y u z a>l u ) jual beli tersebut harus dihentikan. Terdapat beberapa usaha dalam penanggulangannya yaitu dengan pencegahan secara preemptif, preventif, dan represif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 10 Feb 2020 03:54
Last Modified: 10 Feb 2020 03:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13630

Actions (login required)

View Item View Item