EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Alquran dalam Keluarga Single Parent di Desa Purwosari Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala

Febriyanti, Ira (2020) Pendidikan Alquran dalam Keluarga Single Parent di Desa Purwosari Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (942kB)

ABSTRAK

Pokok permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pendidikan Alquran di Desa Purwosari Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala masih belum digalakkan, terlebih pada keluarga yang berlatar belakang single parent untuk dijadikan masalah yang disajikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendidikan Alquran dalam keluarga single parent demi melihat sejauh mana kualitas yang diberikan setiap orang tua single parent dalam mendidik anaknya, serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan Alquran dalam keluarga single parent sehingga dapat diperbaiki jika terdapat kekurangan dan juga dapat ditingkatkan jika terdapat kelebihan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai pendidikan Alquran dalam keluarga single parent di Desa Purwosari Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala yang meliputi awal mengena Alquran, siapa yang mengajarkan Alquran, tujuan orang tua memberikan pendidikan Alquran, metode yang digunakan orang tua dan peran orang tua dalam memberikan pendidikan Alquran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses pengumpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai pendidikan Alquran dalam keluarga single parent di Desa Purwosari Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala, sedangkan yang manjadi subjek penelitiannya adalah keluarga single parent di Desa Purwosari Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses koleksi data, editing dan reduksi data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa pendidikan Alquran dalam keluarga single parent di Desa Purwosari Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala dapat dilihat dari : (1) Awal mengenal Alquran, (2) Siapa yang mengajarkan Alquran, (3) Tujuan memberikan pendidikan Alquran, (4) Metode yang digunakan, (5) Peran orang tua. Kemudian dilihat dari faktor yang mempengaruhi : (1) Pendidikan orang tua, (2) Pekerjaan/ekonomi orang tua, (3) Lingkungan sekitar, (4) Tingkat kereligiusan keluarga single parent, dan (5) Kegiatan anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: mr Fadhel Muhammad Rosyad
Date Deposited: 20 Feb 2020 06:03
Last Modified: 20 Feb 2020 06:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13706

Actions (login required)

View Item View Item