EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Supervisi di Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) di Kota Banjarmasin

Khair, Khamsul (2019) Implementasi Supervisi di Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an (TKA) dan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Supervisi TK/TP Al-Qur’an merupakan sesuatu yang baru berjalan dalam beberapa tahun terakhir untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di TK/TP Al-Qur’an di kota Banjarmasin. BKPRMI mengadakan pembinaan dan pengawasan tersebut dengan membentuk supervisor disetiap wilayah dengan harapan agar kondisi tersebut dapat terkontrol dengan baik. Berdasarkan hal di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui perencanaan supervisi oleh supervisor TK/TP Al-Qur’an di Kota Banjarmasin, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi oleh supervisor TK/TP Al-Qur’an di Kota Banjarmasin, dan 3) Untuk mengetahui tindak lanjut hasil supervisi oleh supervisor TK/TP Al-Qur’an di Kota Banjarmasin. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menerapkan teori Miles dan Hubberman. Uji keabsahan dilakukan dengan teknik triangulasi dan member check. Temuan penelitian ini adalah: 1) Perencanaan supervisi TK/TP Al-Qur’an di kota Banjarmasin dilakukan dengan tahapan rapat perencanaan, menentukan jadwal kunjungan dan menyiapkan kelengkapan kunjungan. Perencanaan supervisi sudah terlaksana sesuai ketentuan. Supervisor memiliki perangkat pendukung berupa format-format instrumen supervisi namun tidak selengkap instrumen pengawas sekolah formal. 2) Pelaksanaan supervisi oleh supervisor TK/TP Al-Qur’an dilaksanakan dua atau tiga kali dalam setahun sesuai jadwal, akan tetapi ada juga diluar jadwal atas inisiatif supervisor itu sendiri, metode supervisi yang digunakan yaitu supervisi manajerial dan supervisi akademik. Supervisi manajerial yaitu pembinaan yang berhubungan dengan teknis administrasi sedangkan supervisi akademik yaitu pembinaan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas pembelajaran. Teknik yang digunakan yaitu kunjungan kelas (class visit), diskusi dengan kepala unit dan ustadz ustadzah. Hal ini sudah terlaksana sesuai ketentuan dari LPPTKA meskipun masih banyak yang harus diperbaiki terutama dalam hal intensitas kunjungan yang kurang. 3) Tindak lanjut supervisi merupakan pembinaan lanjutan dari hasil supervisi untuk melihat apakah program tersebut berhasil atau tidak. Jadwal pelaksanaannya hanya berdasarkan inisiatif supervisor. Dalam hal tindak lanjut sudah terlaksana namun belum maksimal karena hanya sebagian supervisor yang aktif sebulan sekali dalam melakukan kunjungan dan sebagian supervisor beranggapan bahwa kunjungan supervisi yang pertama sudah cukup untuk menangani permasalahan yang ada di unit-unit tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: S.E.I Khamsul Khair
Date Deposited: 09 Jun 2020 04:22
Last Modified: 09 Jun 2020 04:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13904

Actions (login required)

View Item View Item